PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL DESA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN CITRA DESA CERDAS LORAM WETAN
Abstract
Enam Pojok Literasi (Elit) adalah kegiatan yang masih berlangsung di Desa Cerdas Loram Wetan sebagai sarana meningkatkan literasi pengetahuan masyarakat desa, yang memerlukan adanya perancangan ulang identitas visual bagi desa tersebut. Perancangan ini bertujuan agar citra Desa Loram Wetan sebagai desa cerdas lebih kuat dan membedakannya dengan desa cerdas lainnya. Perancangan ulang identitas visual Desa Cerdas Loram Wetan ini menggunakan metode perancangan menurut Arsianti Latifah. Identitas visual dibuat untuk merepresentasikan desa dengan bentuk visual yang menampilkan keunggulan desa, salah satunya adalah Situs Sumur Gentong. Identitas visual juga memiliki warna yang representatif bagi desa yaitu warna coklat yang dianggap merepresentasikan kehangatan dan kedamaian desa serta warna hijau yang mencerminkan keasrian dan kehidupan harmonis di desa.References
Abdillah, M. F. (2022). Perancangan Ulang Identittas Visual Cafe Sewiji Coffee Pekalongan.
Alim, B., & Chandra, E. (2023). Rebranding Umkm Mentai Melalui Perancangan Identitas Visual. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 12(1), 174. https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.43106
Andari, R. N., & Ella, S. (2021). Model Desa Cerdas Untuk Membangun Indonesia Maju.
Aulia, F., Afriwan, H., & Faisal, D. (2021). Konsistensi Logo Dalam Membangun Sistem Identitas. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(2), 439. https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.28131
BPS. (2020). Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus. https://kuduskab.bps.go.id/statictable/2020/12/07/232/kepadatan-penduduk-dirinci-menurut-desa-di-kecamatan-jati-tahun-2019.html
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Jonata, E. M., Hasanah, I. M. N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Gaby. (2023). Memahami 9 Unsur Seni Rupa serta Prinsip dan Fungsinya. https://www.gramedia.com/literasi/unsur-seni-rupa/
Gembong Kulon, A. (2018). Kenapa Desa Dinamakan Desa: Asal Usul dan Makna Nama Desa. https://gembongkulon.web.id/kenapa-desa-dinamakan-desa-asal-usul-dan-makna-nama-desa/#:~:text=di Era Modern-,Asal Usul Kata “Desa”,bahasa%2C konsep dasarnya tetap sama.
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan Ulang Company Profile Jawapos.Com Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11238
Hananto, B. A. (2019). Perancangan Logo Dan Identitas Visual Untuk Kota Bogor. Titik Imaji, 2(1), 19–32. https://doi.org/10.30813/.v2i1.1525
Latifah, N., Aziz, L., & Wibowo, A. T. (2018). Pengembangan Sustainable Smart Village Di Desa Loram Wetan. Tahun 2018, 1. http://www.politik.lipi.go.id/kegiatan/tahun-2018/1261-pengembangan-sustainable-smart-village-di-desa-loram-wetan
Mamis, S., Putra, I. N. A. S., Yusa, I. M. M., Aryanto, D., Yasa, N. P. D., Wahidiyat, M. P., Novitasari, D., Jayanegara, I. N., Mutiarani, R. A., Sutarwiyasa, I. K., Yasa, I. W. A. P., Putra, P. S. U., Setiawan, I. K., Anggara, I. G. A. S., Setiawan, I. N. nom F., & Carollina, D. (2023). DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV): Panduan Lengkap Untuk Memasuki Dunia Kreatif Visual.
Migotuwio, N. (2020). Desain Grafis: Kemarin, Kini, dan Nanti.
Mutiarani, R. A., Novitasari, D., & Andika, I. G. (2020). Perancangan Desain Logo Untuk Aplikasi Web Dan Android “Nulisbali.” Jurnal Nawala Visual, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.67
Muzzamil, M. K., & Haryadi, T. (2022). Perancangan Ulang Identitas Visual Desa Wisata Tempur Di Jepara Sebagai Bagian Dari Destination Branding. Jurnal Citrakara, 4(1), 14–27. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/6581
Prastiwi, D. A., Cahyaningtyas, A., Triana, D., Suchaini, U., Nurcahyo, E. H., Helaw, T. K., Tenrisana, A. A., Jamilah, & Astuningsih, S. (2018). Indeks Pembangunan Desa 2018.
Ratih, K., Lanita, A., Natadjaja, L., & Febriani, R. (2019). PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA PUJON KIDUL MALANG JAWA TIMUR Pendahuluan. 1–11.
Relawan TIK Indonesia. (2023). Desa Cerdas. https://www.desacerdas.or.id/
Rohman, L., Solicitor, A., Rica, C., & Chidtian, E. (2023). PENTINGNYA PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL BAGI KOMUNITAS KEWIRAUSAHAAN SMPN 2 TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO THE IMPORTANCE OF DESIGNING A VISUAL IDENTITY FOR THE ENTREPRENEURIAL COMMUNITY OF SMPN 2 TRAWAS MOJOKERTO REGENCY. 2(6), 304–308.
Sugiarti, W. S., Pujangkoro, S. A., & Sembiring, M. T. (2023). ANALISIS SOAR (STRENGTH, OPPORTUNITY, ASPIRATION & RESULT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKET Wiwid. Jimak, 2(Mei).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Odillia Caroline Natanael, Abi Senoprabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0