PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN WISATA HUTAN KONSERVASI SIGOTAK DI KABUPATEN PURBALINGGA

Siti Munawaroh, Abi Senoprabowo

Abstract


Hutan Sigotak merupakan obyek wisata konservasi alam, yang terletak di Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Sigotak. Sigotak diresmikan pada tanggal 3 Desember 2022 sehingga perkembangan obyek wisatanya masih baru. Oleh karena itu, diperlukan perancangan media promosi untuk menyampaikan informasi mengenai Sigotak agar dapat dikenal secara luas oleh masyarakat Purbalingga. Tujuan dari perancangan ini adalah tersedianya rancangan media promosi untuk memperkenalkan Sigotak sebagai obyek wisata hutan konservasi di Kabupaten Purblingga. Pendekatan perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta analisis SWOT. Metode perancangan mengadopsi dari teori Gustami yang meliputi eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Hasil akhir perancangan ini berupa konten Instagram ads sebagai media utama dan poster, voucher, serta web banner sebagai media pendukung

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.

Christanto, J. (2014). Ruang Lingkup Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Konservasi Sumber Daya ALam, 1–29.

Gustami, S. P. (2007). Butir-butir mutiara estetika timur: ide dasar penciptaan seni kriya Indonesia.

Prasista.

Indrianto, I. T., & Sulaiman, A. M. (2019). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL. CITRAKARA, 1(03), 276–287.

Kasali, R. (1998). Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Khanna, A. (2012). Understanding DIGITAL MARKETING Marketing strategies for engaging the digital generation. Global Journal of Enterprise Information System, 4(2), 50–51.

Kusrianto, A. (2013). Pengantar tipografi. Elex Media Komputindo.

Napitu, J. P. (2007). Pengelolaan kawasan konservasi. Universitas Gadjah Mada, Konservasi Sumber Daya Alama Dan Lingkungan, Yogyakarta.

Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 119–128.

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit Andi. Rambe, R. H., & Hasyim, N. (2019). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK

MEMPERKENALKAN GRAVITY INDOOR TRAMPOLINE PARK. CITRAKARA, 1(03), 357–368.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2008). LAYOUT dasar dan penerapannya. Gramedia Pustaka Utama. Sarsby, A. (2016). SWOT analysis. Lulu. com.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan.

Jakarta: Penerbit Liberty.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.

Valentino, D. E. (2019). Pengantar Tipografi. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e- Journal), 6(2), 152–173.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10229

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0