PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI INSTAGRAM KOMIK PATAH HATI OLEH YOGADANU

Authors

  • Tsania Ratu Firdaus
  • Abi Senoprabowo

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i3.5925

Abstract

Komik Patah Hati adalah salah satu karya komik digital dari Red Sugar Studio yang dirilis pada tahun 2017. KPH (Komik Patah Hati) pertama kali rilis pada platform Ciayo yang berawal dari mengikuti kontes stiker Line. Namun pada tahun 2020 platform Ciayo mengalami kendala dan menutup layanannya sehingga tidak dapat mendukung lagi penerbitan KPH. Penulis memutuskan untuk memilih topik perancangan ini dengan tujuan membantu Red Sugar Studio untuk mempertahankan jumlah pembaca setia Komik Patah Hati dan memperkenalkan komik kepada jangkauan masyarakat yang lebih luas. Perancangan ini menggunakan pengumpulan data dengan metode SW+lH. Hasil analisis dari metode SW+lH yaitu merancang media promosi yang efektif dan menarik untuk mendapatkan jangkauan pembaca yang luas. Perancangan media promosi ini menghasilkan Komik Strip dan beberapa media pendukung seperti X-Banner, stiker, pin dan notebook.

References

Gumelar, M. S. (2011). Comic Making: Membuat Komik. Anlmage.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.

Bernard, M., & Carter, J. B. (2004). Alan Moore and the graphic novel: Confronting the fourth dimension. ImageTexT: Interdisciplinary Comics Studies, 1(2).

Senoprabowo, A & Khamadi (2021). Pengembangan Desain Karakter Komik Warak Ngendog Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Semarang : LPPM STMIK STIKOM Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Firdaus, T. R., & Senoprabowo, A. (2021). PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI INSTAGRAM KOMIK PATAH HATI OLEH YOGADANU. CITRAKARA, 3(3), 252–264. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i3.5925

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>