PERANCANGAN MERCHANDISING PIJAR PARK SEBAGAI WANA WISATA UNTUK DAYA TARIK WISATA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7719

Abstract

Berdiri sejak 2021, Pijar Park merupakan salah salah satu usaha yang baru bergerak di industri jasa bidang pariwisata. Selama 5 bulan berjalan, Pijar Park hanya melakukan promosi di sosial media yang kurang terkonsep sehingga mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, Pijar Park memerlukan strategi promosi baru yang lebih terkonsep yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Perancangan merchandise diharapkan mampu menjadi media efektif untuk promosi dan menjadi daya tarik wisata dengan menjadikannya sebagai souvenir. Penelitian untuk perancangan ini menggunakaan metode SWOT. Hasil dari perancangan merchandise ini berupa windows display, etalase toko, serta artikel merchandise dengan media pendukung berupa banner dan lookbook.

References

A, Yoeti, Oka. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.

Dalma. (2021, Juli 25). Pengertian Merchandise. Retrieved from dosenpintar.com:

https://dosenpintar.com/pengertian-merchandise/

Gie. (2020, November 18). Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya.

Retrieved from accurate.id: https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-lenngkap-visualmerchandising/

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Setiawan. (2021, oktober 30). Pengertian Promosi Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk, Para Ahli.

Retrieved fro gurupendidikan.co.id: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:

Erlangga.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Arif, A. F., & Setiawan, A. (2022). PERANCANGAN MERCHANDISING PIJAR PARK SEBAGAI WANA WISATA UNTUK DAYA TARIK WISATA. CITRAKARA, 4(4), 529–534. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7719

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>