PERANCANGAN PROMOSI OMAH BATIK NGESTI PANDOWO UNTUK MEMPERLUAS PASAR

Fanna Ayu Binaylie Hamdi, agus setiawan

Abstract


Omah Batik Ngesti Pandowo sudah berdiri sejak tahun 2009 dan merupakan toko batik yang menjual batik asli Semarangan yang berupa kain dan pakaian siap pakai. Produk yang dijual diproduksi sendiri oleh Omah Batik Ngesti Pandowo. Banyaknya toko batik yang bermunculan di Semarang, tidak menutup kemungkinan bahwa hanya Omah Batik Ngesti Pandowo yang menjual batik asli Semarangan. Hal ini membuat Omah Batik Ngesti Pandowo semakin meningkatkan kualitas produk dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya. Namun kurangnya media promosi mengakibatkan Omah Batik Ngesti Pandowo belum banyak dikenal oleh masyarakat, sehingga perlu adanya perancangan media promosi untuk memperluas pasar agar semakin dikenal oleh masyarakat dan menarik minat beli. Sumber data yang digunakan dalam perancangan kali ini adalah penelitian wawancara mengenai masalah yang dihadapi oleh perusahaan dan metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SWOT. Media yang digunakan adalah e-catalog dan poster digital yang di update di social media sedangkan media pendukung, brosur, x-banner, tshirt, dan box kemasan. Melalui perancangan media promosi yang dilakukan oleh penulis diharapkan dapat membantu mengenalkan produk – produk Omah Batik Ngesti Pandowo. Sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Muslihudin, Muhamad. "Sistem Informasi Penjualan Batik Basurek Berbasis Web Pada Basurek Collection Bengkulu." Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) 1 (2017): 59-62. Evelina, Nela, Handoyo Djoko Waloejo, and Sari Listyorini. "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus)." Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1.1 (2013): 203-213.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13. Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta Yusup, Muhammad, and Sutopo SUTOPO. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). Diss. Universitas Diponegoro, 2011. Selang, Christian AD. "Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3 (2013). Haryanto, Resty Avita. "Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran McDonald’s manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.4 (2013). Dewi, Nila Kasuma, and Gus Andri SE. "Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang)." Sumber6.1 (2012): 26. Susanti, Febsri. "Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Klien Dalam Memilih Radio Carano Sebagai Media Promosi Iklan." Jurnal KBP 3.1 (2015): 104-115. Purwono, Joni. "Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan." Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2.2 (2014).

Jefkins, Frank, 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Sitepu, 2006. Definisi sejarah dan perkembangan public. Puspitasari, Dyah Gayatri, and James Darmawan. "Modifikasi Pembelajaran Desain Dasar (Nirmana) Bagi Program Studi Animasi." Humaniora 5.2 (2014): 685-697.

RAHMAN, FARIS KURNIA. "PERANCANGAN PROMOSI †oeALVIN PHOTOGRAPHY SEMARANG• UNTUK MEMPERKUAT POSISI DI KOTA SEMARANG."




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3308

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0