MEMPERKENALKAN KESENIAN DRUMBLEK SALATIGA MELALUI PERANCANGAN BUKU BERGAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3368Abstract
Tugas Akhir dengan judul “Memperkenalkan Kesenian Drumblek Salatiga MelaluiPerancangan Buku Bergambar†memfokuskan pada pengenalan kesenian drumblek sebagai bentuk kesenian baru yang berkembang di Kota Salatiga. Bagaimana merancang buku bergambar tentang kesenian baru drumblek.Tujuan perancangan dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan yaitu : Bagaimana merancang buku bergambar tentang kesenian baru drumblek di Salatiga agar kesenian drumblek dapat lebih dikenal masyarakat ? Langkah-langkah (metode) perancangan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Paguyuban Drumblek Salatiga di kelurahan Tingkir Lor, Salatiga. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah informasi mengenai kesenian baru drumblek yang dijelaskan melalui media buku bergambar untuk anak-anak. Di dalamnya termuat mulai dari pengertian drumblek , bentukalat musik yang digunakan sampai visualisasi para pemain drumblek beserta penjelasannya dengan menggunakan gaya kartun.References
Arifin, J., & Zulita, L. N. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan
Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12(1).
Asmara, S. B., & Siswanto, R. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media
Informasi Mengenai Kearifan Lokal Suku Samin. eProceedings of Art &
Design, 6(1).
Atmojo, W. T. (2013). Penciptaan Batik Melayu Sumatera Utara. Panggung, 23(1).
Bigelow, Jamilah Thomkins. (2018). Mommy’s Khimar. New York: Simon &
Schuster.
Destiadi, R., Susanti, K., & Anto, P. (2018). Eksperimen Perancangan Foto Ilustrasi
Lema Bahasa Indonesia sebagai Bentuk Eksplorasi Kekayaan Bahasa. Jurnal
Desain, 5(03), 258-267.
Dias, D. N., Maeni, I. P., Ds, M., Abdillah, F., & Ds, M. (2019). Pengkaryaan
Perancangan Buku Panduan Traveling Untuk Calon Traveler. Destira Ning
Dias 146010002 (Doctoral dissertation, Desain Komunikasi Visual).
Ernawati, D. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media
Gambar Pada Anak Kelompok A TK 02 Kedungjeruk Mojogedang
Karanganyar Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Universitas
Muhammadiyah Surakarta).
Fajrina, L. N., Setiawan, A., & Sn, I. M. (2018). Perancangan Buku Bergambar
Sebagai Media Pembelajaran Ekologi Untuk Anak Kelas 5 SD. (Doctoral
dissertation, Desain Komunikasi Visual).
Ghozali, Moh Afrizal (2015). Penciptaan Buku Ilustrasi Tari Topeng Panji Malangan
Untuk Mempopulerkan Budaya Tradisional Kota Malangan Kepada
Remaja, STIKOM Surabaya. Diakses dari
https://media.neliti.com/media/publications/246583-penciptaan-bukuilustrasi-
tari-topeng-pa-120a9f6d.pdf pada 18 November 2018.
Halimah, Nur (2016). Laporan Inividu Praktik Pengalaman Lapangan di SMAN 1
Piyungan Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari
https://eprints.uny.ac.id/49731/1/Kriya_Nur.pdf pada 18 November 2018.
Koentjaraningrat. (1990). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta:
Djambatan.
Meikawati, Yusiana (2017). Perancangan Buku Pengenalan Hewan Nokturnal
Indonesia Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar, Universitas Pasundan
Bandung. Diakses dari
http://repository.unpas.ac.id/32970/4/BAB%20II.pdf pada 18 November
Novan, R., & Risya, A. (2016). Perancangan Buku Cerita Sejarah Ciung Wanara
Berbasis Augmented Reality untuk Anak Sekolah Dasar. Desain Komunikasi
Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 97-115.
Prakasa, Aditya Agung (2016). Perancangan Buku Ilustrasi Jaranan dengan Teknik
Vektor Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Lokal Kediri, STIKOM Surabaya. Diakses dari
https://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/viewFile/1743/5
pada 18 November 2018.
Purnomo, Heri (2011). Peranan Pura Mangkunegara Terhadap Pelestarian Benda-
Benda Sejarah, Universitas Negeri Surakarta. Diakses dari
https://eprints.uns.ac.id/10340/1/205751111201107391.pdf pada 18
November 2018.
Qudwatunna, A. H., Maeni, P., Sn, S., & Ds, M. (2019). Perancangan Ilustrasi Untuk
Buku Ensiklopedia Tentang Gunung Meletus. Asiah Hanifah Qudwatunna:
(Doctoral dissertation, Desain Komunikasi Visual).
Ranjabar, J. (2013). Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar Bandung.
Ranjabar, J. (2013). Sistem Budaya Indonesia: Suatu Pengantar. Bandung:
Alfabeta.
Salam, M. K., & Luqmana, D. A. I. (2016). Inventarisasi Permainan Tradisional Anak
Sebagai Upaya Pelestarian Budaya di Kabupaten Kebumen.
Setiawati, L. A. (2018). Ritual Basaturen Pada Masyarakat Samawa di Desa
Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa Besar.
(Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Sunarya, Y. Y. (2014). Digitalisasi kreatif motif dalam gaya desain dunia.
Titaley, Michael Ariyesta (2018). Perancangan Buku Ilustrasi Kesenian Sampyong
Majalengka, Universitas Pasundan Bandung. Diakses dari
http://repository.unpas.ac.id/32956/1/%28revisi%20TA%29%20Michael%
Ariesta%20Titaley.pdf pada 18 November 2018.
Utami, Athika Dwi Wiji (2016). Perancangan Desain Logo LBH Sandhi Wafa &
Partners Counselor & Attourneys At Law, Universitas Nahdlatul Ulama
Sidoarjo Jawa Timur. Diakses dari https://journal.unusida.ac.id pada 18
November 2018.
Wati, A. (2014). Pelestarian Budaya Adat Istiadat di Desa Tanjung Alai Kecamatan
XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. (Doctoral dissertation, Universitas
Islam Negeri Riau Sultan Syarif Kasim Riau).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiki Karlina, Agus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0