PERANCANGAN LOGO 5 PRIMA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL BUDAYA PERUSAHAAN DI PT. PELINDO DAYA SEJAHTERA
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v3i3.5928Abstract
PT. Pelindo Daya Sejahtera merupakan anak perusahaan dari PT. Pelabuhan Indonesia III yang terbentuk karena adanya komitmen perusahaan yang bertujuan untuk mensejahterakan pekerja alih daya melalui sumber daya manusia. PT. Pelindo Daya Sejahtera meluncurkan distinctive attitude yaitu 5 Prima (Perilaku Utama) dan logo yang bertujuan sebagai tindak lanjut dari inisiasi core value BUMN yaitu AKHLAK, 5 Prima tersebut adalah Senyum, Salam, Sapa, Terima kasih, serta Doa dan Harapan, Hal tersebut diharapkan dapat mengimplementasikan distinctive attitude sebagai perilaku pembeda yang dilakukan oleh insan PT. Pelindo Daya Sejahtera. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan logo ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan melakukan pengumpulan data dari wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan internet. Metode analisis data menggunakan metode brainstorming dan 5W+1H, sehingga analisis tersebut sebagai acuan pada perancangan logo 5 Prima. Dalam perancangan ini terdapat Graphic Standart Manual sebagai media utama untuk panduan dalam penggunaan logo, selain itu terdapat media pendukung lainya yang memiliki fungsi memberikan ingatan kepada insan perusahaan akan perilaku utama yang telah diterapkan.References
I. T. S. Tinarbuko, DEKAVE:Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS, 2015.
S. Rustan, Mendesain LOGO. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
T. Kuspriyono, S. Bakhri, Y. Nuryamin, and A. Fauzi, “Analisis Filosofi Logo Web Alibaba. Com,” J. SIMNASIPTEK BSI, vol. 1, no. 1, pp. 127–135, 2014.
G. Andika, E. K. A. Permana, F. Teknologi, D. A. N. Informatika, and U. Dinamika, “PERANCANGAN BRAND IDENTITY MASTER PRINT SURABAYA SEBAGAI PENINGKATAN BRAND AWARENESS,” 2020.
K. A. Perdana and W. Murwonugroho, “Gaya Ilustrasi Indies ( Studi Perbandingan Poster Film Tiga Dara Versi Orisinal Dan Restorasi ),” Dimens. DKV, vol. 2, pp. 185–200, 2017.
S. Rustan, Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
T. S. PRATIWI, “Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea,” vol. 2, no. 3, p. 108, 2015, [Online]. Available: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/104472/slug/analisis-semiotika-roland-barthes-terhadap-logo-calais-tea.html%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/299904072.pdf.
J. Siwalankerto, “Dhisti Cookies Sebagai Camilan Di Kota Solo,” no. Cenadi 94, 1980.
“PERANCANGAN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PERUSAHAAN CHERUBIM PRODUCTIONS JAKARTA PUSAT ( Jl . Jendral Sudirman Kav . 32 , Central Jakarta ) Email : kertaspucat@gmail.com.”
A. Listya and A. K. Dawami, “Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten,” J. Desain, vol. 5, no. 02, p. 61, 2018, doi: 10.30998/jurnaldesain.v5i02.2195.
B. A. Hananto, “Perancangan Logo Dan Identitas Visual Untuk Kota Bogo,” Titik Imaji, vol. 2, no. 1, pp. 19–32, 2019, doi: 10.30813/.v2i1.1525.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gilang Mahardhika, Agus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0