PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA GAMBAR FILM 1 PROGRAM YOUTUBE TVKU
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v5i4.10963Abstract
Teknologi dalam pendidikan telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu bidang teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah tata gambar film yang berisi materi tahapan dalam proses pembuatan sebuah film. Tujuan dari perancangan media pembelajaran ini adalah tersedianya media tentang materi Tata Gambar Film agar peserta didik dapat lebih memahami materi tersebut. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis mengunakan metode 5W+1H. Diharapkan perancangan ini menjadi bahan pembelajaran alternatif bagi mahasiswa maupun masyarakat. Media utama yang digunakan berupa animasi motion grapic sebagai media pembelajaran utama, dan juga penambahan media pendukung berupa poster media cetak dan juga digital.Kata Kunci: Animasi, Motion Graphic, Media Pembelajaran, Tata Gambar FilmReferences
Edy, A. N. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI, 20-21.
Hasan, M. (2021). Media pembelajaran 2. Naurah, N. (2023, Februari 14). Retrieved from https://goodstats.id/article/daftar-platform-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q
SUWIWA, I. G. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat, 12.
Lionardi, A. (2021). Jurnal Ilmiah DASI. Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak. NIRMANA, 1.
kamaliyah, a. (2020). Retrieved from https://amanat.id/youtube-vs-televisi-siapa-yang-akan-mati/Annur, C. M. (2021, 12 15). Retrieved from Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan bahwa jumlah produksi film di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 3.423. Dari jumlah tersebut, produksi iklan menjadi yang paling banyak dengan jumlah 1.762 produksi atau sekitar 51,47% dari keselP
Huznul Khatima Rahmat. (2021). Perancangan Motion Graphic sebagai media pembelajaran untuk anak usia sekolah dasar, 1-20
shea, P. (2009). Munir. pemahaman peserta didik, 57.
Sidharta, D. A. (2002). M.Pd. MEDIA PEMBELAJARAN, 29.
Aziz, B. I. (2021, Februari Jumat). Perancangan Animasi sebagai Media Pengenalan Pakaian dan Rumah Adat Suku Makassar. TANRA., No 1
Downloads
Published
Versions
- 2024-07-04 (3)
- 2024-06-29 (2)
- 2024-06-26 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naufal Gatya Pratama, Agus Setiawan, M.Sn
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0