PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI “BETTER RIDE” UNTUK MEMPERMUDAH PARA PENGGUNA KENDARAAN
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10170Abstract
Better Ride merupakan sebuah layanan penyedia jasa yang berfokus pencarian bengkel terdekat disekitar pengguna. Berorientasi pada dunia otomotif dengan mengedepankan solusi atas permasalahan yang sering dialami oleh para pengguna, Better Ride membutuhkanrancangan tampilan aplikasi (User Interface) yang memuat berbagai informasi seputar otomotif untuk memenuhi kebutuhan para pengguna tersebut. Metode yang dilakukan dalam menganalisa data yaitu menggunakan 5W & 1H, dan menggunakan metode perancangna Uer Centered Design yang memiliki tahapan Understand (memahami calon target pengguna), Define (membuat user persona), Ideate (penyelesaian masalah melalui perancangan Sitemap, Wireframe, Mockup, Prototype dan Testing). Penelitian ini menghasilkan sebuah tampilan antarmuka yang sederhana. Tampilan tersebut sesuai dengan target pengguna dan berisi informasi tentang layanan pencarian bengkel terdekat, informasi keadaan darurat, dan ketersediaan suku cadang kendaraanReferences
Almuharram, H. B. (2022). PERANCANGAN DESAIN ANTAR MUKA APLIKASI RESERVASI PERBAIKAN MOBIL PADA BENGKEL MOBIL PILANG RAYA AC DENGAN METODE DESIGN THINKING.
Andrew. (2021). Teori Warna Menurut Para Ahli & Color Wheel. Retrieved from Gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/teori-warna/#Teori_Warna_Menurut_Para_Ahli
Ditamei, S. (2022). Pengertian Kerangka Pemikiran: Cara Membuat Beserta Contohnya. Retrieved from Detik.com: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6202272/pengertian-kerangka-pemikiran-cara-membuat-beserta-contohnya
Faidah, D. A. (2021). Mengenal Jenis-Jenis Ilustrasi Dalam Dunia Desain Grafis. Retrieved from Gamelab.id: https://www.gamelab.id/news/1318-mengenal-jenis-jenis-ilustrasi-dalam-dunia-desain-grafis
Fleck, R. (2021). 10 iconography rules to follow in UI design. Retrieved from dribbble.com: https://dribbble.com/stories/2021/09/15/ui-icon-tips
Harys. (2020). Tahapan Penelitian. Retrieved from Jopglass.com: https://www.jopglass.com/tahapan-penelitian/
Kalyani, H. M. (2019). Product Branding dengan UI Design. Retrieved from Medium.com: https://medium.com/learnfazz/product-branding-dengan-ui-design-40d56ce4f4f0
Kangliesky, E. T. (2021). Pemilihan Warna Untuk Memperkaya Desain User Interface Sebuah Aplikasi . Retrieved from Binus.ac.id: https://student-activity.binus.ac.id/himsisfo/2021/08/pemilihan-warna-untuk-memperkaya-desain-user-interface-sebuah-aplikasi/
Luthfianto, F. (2019). Perkembangan Otomotif di Indonesia. Retrieved from Binus.ac.id: https://communication.binus.ac.id/2019/01/18/perkembangan-otomotif-di-indonesia/
Meilani. (2013). TEORI WARNA: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana.
Pradita, G. (2016). Warna dan Emosi dalam Desain User Interface. Retrieved from Medium.com: https://medium.com/paperpillar/warna-dan-emosi-dalam-desain-interface-3cd0b83ce710
Prawiro, M. (2019). Pengertian Ilustrasi: Arti, Fungsi, Jenis, dan Contoh Ilustrasi. Retrieved from Maxmanroe.com: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-ilustrasi.html
Sudarmono, L. D. (2014). Kajian Ikonografi pada Gedung Marabunta di Semarang.
University, S. (2022). Pengertian Tipografi adalah: Elemen, Fungsi, Tips Penyusunan. Retrieved from sampoernauniversity.ac.id: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/tipografi-adalah/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nindy Eka Fahreza, Agus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0