PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN SARASWATI MODISTE DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Almira Deviana Oktaviani Universitas Dian Nuswantoro
  • Agus Setiawan Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Saraswati Modiste adalah tailor busana wanita di Kota Semarang yang melayani pembuatan kebaya, gaun, dan lain-lain untuk keperluan acara pernikahan, lamaran, wisuda, dan masih banyak lagi. Saraswati Modiste unggul dalam membuat busana yang berkualitas, tetapi keunggulannya belum dikenal oleh masyarakat luas karena kurangnya strategi promosi yang dilakukan dalam memasarkan usahanya. Oleh karena itu perlu adanya perancangan media promosi yang dapat memperkenalkan Saraswati Modiste di Kota Semarang untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas, sehingga tertarik untuk memesan busana. Metode yang digunakan pada penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif dan metode analisis SWOT. Strategi terpilih hasil analisis SWOT adalah mempromosikan Saraswati Modiste melalui media sosial Instagram terkait kelebihan mereka dalam membuat busana, agar dapat memperkenalkan dan menarik lebih banyak konsumen. Metode perancangan menggunakan 5 fase proses desain grafis menurut Robin Landa, yang menghasilkan karya berupa desain feeds Instagram berkonsep elegant dan modern, yang sesuai dengan Saraswati Modiste. Kata kunci : Tailor, Busana Wanita, Masyarakat, Promosi, Instagram, Saraswati Modiste. Saraswati Modiste is a women's dressmaker in the town of Semarang who serves kebaya, dresses, and so on for weddings, applications, graduating, and so on. Saraswati Modiste excelled in making quality clothes, but her lead was unknown to the public due to a lack of promotional strategies to make his market. Therefore, it is necessary to design promotional media that can introduce Saraswati Modiste in Semarang City to reach a broader audience so that they are interested in ordering clothes. The methods used in research for this design are qualitative methods and SWOT analysis methods. The selected strategy from the SWOT analysis is to promote the Saraswati Modiste through Instagram and their fashion gifts to introduce and attract more consumers. The design method uses the 5 phases of the graphic design process by Robin Landa, which produces a single, elegant, modern concept of spatial Instagram design compatible with the Saraswati Modiste. Keywords : Tailor, Women's Clothing, Community, Promotion, information, Saraswati Modiste

References

Resti, A. (2013). Potensi Usaha Penjahit Pakaian Dalam Menigkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Ekonomi Islam: Studi Kasus Penjahit Pakaian Di Kecamatan Kuok.

Megawati, B. (2018). Pengaruh Minat Dan Motivasi Berwirausaha Perempuan Terhadap Pengembangan Usaha Menjahit Di Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Pena Vol.1 Nomor1.

Angriyani, B. (2022). Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Terhadap Perkembangan Usaha Jahit Pakaian (Studi Empiris Pada UMKM yang Terdaftar di Dinas Koperasi UKM Kota Medan).

Siti, D. (2022). Analisis Inovasi Produk Pakaian Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Usaha Penjahit Pakaian Di Desa Sukowono Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.

Philip Kotler, A.B. Susanto. (2001) Manajemen Pemasaran di Indonesia (Jakarta: PT Salemba Emban Patria.

Fandy T. (1997). Strategi Pemasaran, (Yogyakarta, ANDI), hal. 219.

Vazira, N. (2020). Pengaruh Display Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bata, hal.22.

Binus University. (2022). 50 Tahap Analysis Dalam Proses Desain Robin Landa. Diakses pada 13 Maret 2024 dari https://binus.ac.id/malang/2022/01/50-tahap-analysis-dalam-proses-desain-robin-landa/

Nuryanto, H. (2020). Analisis SWOT: Contoh Dan Tujuannya.

Hidayat, H. (2022). Advertising: Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, Manfaat, hingga Tips Suksesnya. Diakses pada 27 Oktober 2023 dari https://myrobin.id/untuk-bisnis/advertising/

Kurnianto, Y. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran, hal.4.

Abdillah, W. & Herawati, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi Pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya).Vol.2 Nomor 2.

Reza, M. & Anggalih, N. (2023). Perancangan Fotografi Sebagai Media Promosi Digital Brand Lokal Cutoff. Vol.4 Nomor 3.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Deviana Oktaviani, A., & Setiawan, A. (2024). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK MEMPERKENALKAN SARASWATI MODISTE DI KOTA SEMARANG. CITRAKARA, 6(1), 36–45. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11066

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>