PERANCANGAN MOTION GRAPHIC UNTUK MEMPERKENALKAN APLIKASI RESERVASI ONLINE MUSEUM RANGGAWARSITA SEMARANG
Keywords:
Motion Graphic, Media Promosi, Reservasi Online, Tiket MuseumAbstract
Museum Ranggawarsita merupakan museum yang ada di Kota Semarang dan mempunyai beraneka macam peninggalan didalamnya. Museum Ranggawarsita kini mempunyai inovasi baru dalam hal pembelian tiket, yaitu perilisan aplikasi reservasi online. namun perilisan aplikasi online ini masih belum dibarengi dengan media promosi yang dilakukan. Oleh karena itu, perancangan ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan dan memromosikan aplikasi reservasi online Museum Ranggawarsita kepada masyarakat luas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan metode analisis SOAR sebagai metode pengolahan data untuk menemukan konsep kreatif dalam proses perancangan. Adapun beberapa media pendukung yang digunakan seperti billboard, poster, dan feed instagram untuk membantu promosi pada media utama. Perancangan ini diharapkan membuat aplikasi reservasi online Museum Ranggawarsita semakin dikenal luas oleh masyarakat, dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.References
Basu Swastha dan T. Hani Handoko, Manajemen Pemasaran (Analisa. Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM. 2000 Bilson Simamora, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka. 200
Al-Bahra Bin Ladjamudin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu Gallagher, R. and A.M. Paldy. (2007). Exploring Motion Graphics. Clifton Park, NY: Thompson
Delmar Learning, a Division of Thomson Learning Inc.
American Heritage Electronic Dictionary (1991), Dalam Munir: Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta,
Robin, Linda (2001). Kitab suci komputer & Multimedia.
Jogjakarta: Alberta
Rosch. (1996). Easy Way To Understand Multimedia. Boston: Allyn and Bacoom Turban., dkk. (2001). Aplikasi Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Paradigma
Cullen, K. (2012). Design Elements Typography Fundamentals. Beverly: Rockport Publisher. Kusrianto, Adi (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Asmoro, S.W. (2019). Desain Grafis Percetakan SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta: Andi Publisher. Landa, Robin. (2011). Graphic Designs Solutions. Massachusetts : Wadsworth.
Suyanto. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia. Yogyakarta: Andi Publisher.
Glebas, Francis. 2009. Directing The Story Profesional storytelling and storyboarding for live action and animation. USA: Elsevier.
Hart, John. (2013). The Art of the Storyboard: A filmmaker's introduction. USA: Focal Press. Ali Hasan, 2009, Marketing, Yogyakarta : MedPress
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fairuz Rafi Ardhana, Dwi Puji Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


