FAKTOR PENENTU PERTUMBUHAN USAHA PERAK DI KOTA GEDE YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i2.2569Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Kotagede, dan (2) UMKM yang bergerak di bidang kerajinan perak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner diberikan secara langsung kepada responden yang memenuhi kriteria. Responden dalam penelitian berjumlah 33 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pertumbuhan usaha UMKM dipengaruhi oleh karatersitik wirausaha dan lingkungan bisnis. Akan tetapi, modal usaha tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan usahaReferences
Dwi, H. (2017). 3 Alasan Mengapa UMKM Penting bagi Perekonomian Indonesia. Https://Kumparan.Com. Retrieved from https://kumparan.com/hikman-dwi-r/3-peran-penting-umkm-penggerak-sektor-ekonomi-indonesia-di-tingkat-menengah-ke-bawah
Handoko, T. H. (2001). Manajemen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Hantoro, S. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicita Karya.
Inggarwati, K., & Kaudin, A. (2010). Peranan Faktor-Faktor Individual Dalam Mengembangkan Usaha: Studi Kuantitatif pada Wirausaha Kecil di Salatiga. Integritas : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(2), 185–202.
Jatmiko, R. (2004). Manajemen Stratejik. Retrieved from UMM Press
Kurniawan, I. S., & Rinofah, R. (2016). Pengaruh lingkungan bisnis dan Strategi operasi terhadap kinerja operasional pada UKM kerajinan gerabah Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 6–16.
Muhammad, S. (2000). Manajemen Stratejik: Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Pamungkas, H. A., & Hidayatulloh, A. (2019). Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta. InovasI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 15(1), 65–71.
Primus, J. (2017). Sepanjang 2017, Pemerintah Tambah Dana Bergulir untuk UMKM. Https://Money.Kompas.Com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2017/01/09/171353826/sepanjang.2017.pemerintah.tambah.dana.bergulir.untuk.umkm
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan Dan Kalikondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9).
Riyanto, B. (2001). Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Setyawati, E. C. N., Nugraha, H. S., & Ainuddin, I. (2013). Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Penentu Pertumbuhan Usaha (Studi IKM di Sentra Kerajinan Rotan Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 2(1), 41–50.
Tariska, D. (2017). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha di Kampung Batik Ngasem di Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.
Tempo.co. (2015). Rupiah Melemah, Omzet Perajin Perak Kotagede Anjlok. Https://Bisnis.Tempo.Co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/691895/rupiah-melemah-omzet-perajin-perak-kotagede-anjlok/full&view=ok
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. (2008).
Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.
Vries, K. de. (1997). The Entrepreneurial Personality, A Person at The Cross Roads. Journal of Management Studies, 14, 34–57.
Wiratmo, M. (2001). Pengantar Kewiraswataan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.