FAKTOR PENENTU PERTUMBUHAN USAHA PERAK DI KOTA GEDE YOGYAKARTA

Authors

  • Airin Saraswati Damanik Universitas Ahmad Dahlan
  • Amir Hidayatulloh Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i2.2569

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) pelaku UMKM yang berada di Kecamatan Kotagede, dan (2) UMKM yang bergerak di bidang kerajinan perak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner. Kuesioner diberikan secara langsung kepada responden yang memenuhi kriteria. Responden dalam penelitian berjumlah 33 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa pertumbuhan usaha UMKM dipengaruhi oleh karatersitik wirausaha dan lingkungan bisnis. Akan tetapi, modal usaha tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha

References

Dwi, H. (2017). 3 Alasan Mengapa UMKM Penting bagi Perekonomian Indonesia. Https://Kumparan.Com. Retrieved from https://kumparan.com/hikman-dwi-r/3-peran-penting-umkm-penggerak-sektor-ekonomi-indonesia-di-tingkat-menengah-ke-bawah

Handoko, T. H. (2001). Manajemen. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hantoro, S. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicita Karya.

Inggarwati, K., & Kaudin, A. (2010). Peranan Faktor-Faktor Individual Dalam Mengembangkan Usaha: Studi Kuantitatif pada Wirausaha Kecil di Salatiga. Integritas : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(2), 185–202.

Jatmiko, R. (2004). Manajemen Stratejik. Retrieved from UMM Press

Kurniawan, I. S., & Rinofah, R. (2016). Pengaruh lingkungan bisnis dan Strategi operasi terhadap kinerja operasional pada UKM kerajinan gerabah Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 6–16.

Muhammad, S. (2000). Manajemen Stratejik: Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Pamungkas, H. A., & Hidayatulloh, A. (2019). Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta. InovasI: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 15(1), 65–71.

Primus, J. (2017). Sepanjang 2017, Pemerintah Tambah Dana Bergulir untuk UMKM. Https://Money.Kompas.Com. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2017/01/09/171353826/sepanjang.2017.pemerintah.tambah.dana.bergulir.untuk.umkm

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan Dan Kalikondo Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 5(9).

Riyanto, B. (2001). Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Setyawati, E. C. N., Nugraha, H. S., & Ainuddin, I. (2013). Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Penentu Pertumbuhan Usaha (Studi IKM di Sentra Kerajinan Rotan Amuntai Kab. Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 2(1), 41–50.

Tariska, D. (2017). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha di Kampung Batik Ngasem di Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.

Tempo.co. (2015). Rupiah Melemah, Omzet Perajin Perak Kotagede Anjlok. Https://Bisnis.Tempo.Co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/691895/rupiah-melemah-omzet-perajin-perak-kotagede-anjlok/full&view=ok

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. (2008).

Utari, T., & Dewi, P. M. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.

Vries, K. de. (1997). The Entrepreneurial Personality, A Person at The Cross Roads. Journal of Management Studies, 14, 34–57.

Wiratmo, M. (2001). Pengantar Kewiraswataan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Damanik, A. S., & Hidayatulloh, A. (2019). FAKTOR PENENTU PERTUMBUHAN USAHA PERAK DI KOTA GEDE YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 166–173. https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i2.2569