KOMPENSASI SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KERJA

Authors

  • Ayuwardani Mellasanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitaS Dian Nuswantoro
  • Kusni Ingsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis UniversitaS Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/jpeb.v1i1.1474

Abstract

Meskipun keadaan ekonomi di Indonesia melambat di tahun 2015, industri ritel masih diprediksi akan terus berkembang hingga tahun 2017. PT Matahari Department Store Tbk (Matahari atau Perseroan) adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia. Setiap eksekutif sadar betul akan pentingnya kepuasan pelanggan setia. Namun, tidak semua eksekutif memahami pentingnya menciptakan kepuasan dan loyalitas di tingkat karyawan. Kepuasan kerja juga memiliki kaitan dengan kinerja organisasi. Kasus yang terutama terjadi di industri jasa, di mana para pekerja yang tidak puas kerap memicu ketidakpuasan banyak pelanggan. Para manajer dapat secara potensial meningkatkan motivasi para karyawan melalui berbagai usaha untuk meningkatkan kepuasan kerja.. Metode analisis yang digunakan adalah metode explanatory research. Pemilihan sampel menggunakan puposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 86 orang karyawan Matahari Departement Store cabang Paragon kota Semarang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Studi menunjukkan bahwa ada tiga cara untuk meningkatkan kepuasan kerja para karyawan: pertama, bahwa kompensasi merupakan faktor terkuat yang secara langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja mereka, kedua, faktor lingkungan kerja yang baik akan mampu menciptakan motivasi mereka yang akan berdampak pada kepuasan kerjanya, dan ketiga, faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja adalah desain kerja yang jelas akan mampu menciptakan motivasi kerja mereka, yang pada akhirnya akan berdampak pada kepuasan kerja mereka. Kata Kunci:          Kompensasi; Desain Kerja; Lingkungan Kerja; Motivasi Kerja; Kepuasan Kerja

Downloads

Published

2017-05-31

How to Cite

Mellasanti, A., & Ingsih, K. (2017). KOMPENSASI SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KERJA. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 47–59. https://doi.org/10.33633/jpeb.v1i1.1474

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.