Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Bulu Mata Berbasis Website Dengan Metode Waterfall Pada CV. Cantika Purbalingga

Venansius Afrellint, Acun Kardianawati, Suharnawi -, Edi Faisal, Agus Winarno

Abstract


CV Cantika merupakan sebuah pabrik kecil bulumata yang telah berdiri sejak 2012 hingga sekarang ini masih terus beroperasi dan lebih berkembang. Proses bisnis yang berjalan pada CV Cantika masih konvensional atau dilakukan secara manual. Kegiatan pencatatan keuangan, pembuatan laporan dan penerimaan barang masih sering terjadi kesalahan saat mengolah data. CV Cantika tidak dapat menjalankan proses bisnisnya selama 24 jam karena karyawan hanya bekerja di jam kerja saja dan tidak bisa menerima pesanaan diluar jam kerja. Untuk meningkatkan volume penjualan perlu diangun sebuah aplikasi e-commerce berbasis website menggunakan metode waterfall yang dapat digunakan oleh karyawan atau staff pada CV Cantika yang terletak di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Sehingga dapat mencapai target dalam menggait pelanggan secara luas, meningkatkan keuntungan, bisa menjalankan proses bisnisnya selama 24 jam serta bisa melayani pelanggan diluar jam kerja karyawan. Aplikasi yang dibangun adalah aplikasi website pada CV Cantika yang memiliki fungsi manajemen produk, laporan penjualan, pemesanan barang, bermacam metode pembayaran dan melacak pesanan.


Full Text:

PDF

References


Ananto Widodo (2017). Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Web pada CV. Laboindo Intimedika Semarang.

Asfinoza, Shinta Puspasari, dan Hastha Sunardi. (2018). Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis Web pada PT. Sri Karyatama.

Yessy Fadillah dan Suprianto. (2017). Sistem Informasi Penjualan Produk Krupuk Berbasis Web Responsive Studi Kasus UD. Sumber Makmur.

Syafnidawaty, “Black Box Testing,” 2020. https://raharja.ac.id/2020/10/20/black-box-testing/ (accessed Nov. 08, 2021).

B. Intermedia, “Pengertian PHP : Fungsi, Syntax, dan Alasan Menggunakan PHP,” 2019. https://www.jagoanhosting.com/blog/pengertian-php/ (accessed Oct. 31, 2021).

C. Novitasari, “Metode Waterfall | Metode Pengembangan Sistem Waterfall Menurut Sommerville,” 2021. https://pelajarindo.com/metode- waterfall-menurut-sommerville/ (accessed Oct. 17, 2021).

N. I. Yusman, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Orientasi Objek Menggunakan Star UML Di CV Niasa Bandung,” Jurnal Accounting Information System (AIMS), vol. 1, Dec. 2018, Accessed: Oct. 31, 2021. [Online]. Available : http://journal.stkom.ac.id/index.php/aims/article /view/18




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v8i1.7071

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: