PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI VIRTUAL REALITY UNTUK UMKM LUMINTU DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9220Abstract
UMKM Lumintu adalah kelompok UMKM yang berada di kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang yang menjual berbagai produk makanan dan minuman. Dalam pemasaran produknya UMKM Lumintu kurang maksimal dalam hal promosi termasuk pemanfaatan media digital, maka dari itu Lumintu berusaha memanfaatkan teknologi virtual reality lewat media aplikasi smartphone. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perancangan ini dibuat untuk membuat tampilan User Interface pada aplikasi virtual reality UMKM Lumintu. Metode perancangan yang digunakan yaitu metode yang dikemukakan oleh Robin Landa yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya: Orientation, Analysis, Concepts, Design, dan Implementation. Hasil akhir perancangan ini adalah tampilan User Interface pada aplikasi Virtual Reality untuk UMKM Lumintu yang mudah serta nyaman digunakan untuk masyarakat di Kota Semarang.References
DIMAS A.P. 2017. Implementasi Pengendalian Quadcopter Dengan Prinsip Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 1, No. 12: 1451-1458
FIRLY W. 2017. Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Astronomi Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer.Vol. 1, No. 11: 1185-1194
Kadir. A.2005. Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta
Landa, Robin. Graphic Design Solutions. Boston: Wadsworth, 2011.
Nazala, A. (2020). Digitalisasi UMKM, Pemkot Semarang Kerja Sama dengan Youtap Artikel ini telah tayang di dengan judul “Digitalisasi UMKM, Pemkot Semarang Kerja Sama dengan Youtap”, Klik selengkapnya di sini: https://semarang.bisnis.com/read/20200813/535/1279058/digitalisa. Bisnis.Com.
Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 6(1), 71.
Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan.
Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 2.
Zikky, M., Bagar, F. N. C., Firdaus, M., Assidiqi, M. H., & Hidayatulloh, N. (2016). Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android. In Seminar Nasional Teknologi Terapan. Oktober.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Najib Muhammad Ibnu, Noor Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0