PERANCANGAN MEDIA PROMOSI HANDS ON COMMUNITY BAKINGAND COOKING COURSE DI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7718Abstract
Hands On Community Baking and Cooking Course merupakan sebuah program baking dan cooking class yang disediakan olehToko Bahan Kue Luciana yang sempat berhenti beroperasi karenapandemi. Rencananya dia akan beroperasi kembali setelah masapandemi, oleh karena itu dia memerlukan rancangan mediapromosi yang dapat memperkenalkan programnya kembalidengan atmosfer baru dan skala jangkauan yang lebih luas.Metode penelitian untuk perancangan ini menggunakan, metodekualitatif, melalui wawancara, observasi, studi pustaka, strategibauran pemasaran 7P, metode analisa SWOT dan metodeperancangan multimedia. Strategi yang dirumuskan adalahmenekankan fasilitas yang ditawarkan, melalui pelaksanaanprogram dengan protokol Covid-19 sehingga tetap aman untukdilakukan serta up to date terhadapt tren makanan terkini. Proseskreatif dilakukan dengan konsep bertemakan food and beveragesyang bersifat demonstratif dan berkesan estetis menggunakanteknik visual cinematic video. Media yang dihasilkan sebagaimedia promosi adalah Instagram video ads sebagai media utama,kemudian Instagram reels, Instagram feed untuk menu, dan postersebagai media pendukungReferences
Andika, I. W. G. A., 2015. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Payuk Balinese
Home Cooking Class Di Ubud, Gianyar-Bali. pp. 1-33.
Andini, T. N., 2020. IDN TIMES. [Online] Available at:
https://www.idntimes.com/food/recipe/tresna-nur-andini/10-bahan-utama-yang-harus
dipersiapkan-untuk-membuat-kue-c1c2?page=all
Anon., 2019. Binus University. [Online] Available at:
https://binus.ac.id/bandung/2019/07/memahami-jenis-typeface/
Anon., t.thn. [Online] Available at: https://www.instagram.com/p/CInDpNhn_g2/
Anon., t.thn. [Online] Available at: https://bogasari-baking-center-semarang.business.site/#posts
Anon., t.thn. [Online] Available at: Pinterest.com
Anon., t.thn. bogasaribakingcenter_smg. [Online] Available at:
https://www.instagram.com/bogasaribakingcenter_smg/?hl=en
Anon., t.thn. handsoncommunity. [Online] Available at:
https://www.instagram.com/handsoncommunity/?hl=en
Anon., t.thn. kursuskuefortunesemarangii. [Online] Available at:
https://www.instagram.com/kursuskuefortunesemarangii/?hl=en
Claudia Christanto, C. A. A. A. T. W., 2019. Perancangan Media Promosi Toko Roti 46 Jember. pp.
-9.
Films, S., 2020. [Online] Available at: https://youtu.be/GlrxcuEDyF8
Gavgboyz, T., 2018. [Online] Available at: https://youtu.be/GlrxcuEDyF8
Novitasari, N., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank
Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Adisucipto Unit Gejayan
Yogyakarta. pp. 14-42.
Setiyaningsih, Y., 2022. dianisa.com. [Online] Available at: https://dianisa.com/pengertian-layout
desain/
Siti Nur Aidah, T. P. K. I., 2021. Panduan Berbisnis Kue Kekinian. s.l.:Penerbit KBM Indonesia.
Stockman, S., 2014. How to Shoot Video that Doesn't Suck : Cara Asyik Bikin Video Ciamik.
Jakarta: Prigel Books.
Thabroni, G., 2018. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/semiotika-pengertian-simbol
dan-tanda-tanda/
Thabroni, G., 2018. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/perpaduan-warna/
Thabroni, G., 2019. [Online] Available at: https://serupa.id/desain-komunikasi-visual-dkv
penjelasan-lengkap/
Thabroni, G., 2019. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/tipografi/
Thabroni, G., 2020. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/gambar-ilustrasi-pengertian
ontologi-jenis-fungsi-contoh/
Triyanti, N., 2018. Analisis Efektivitas Iklan Bajaj Pulsar Pada PT Sumber Trada Motor Di Bandar
Lampung. pp. 9-20.
Uswaton, H., 2018. Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen
Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Moderasi Pada Kos Putri Dewi Sekartaji Ponorogo.
pp. 28-58.
W, G. A., 2016. Perancangan Promosi Wisata Bahari Pantai Menganti Kebumen. pp. 21-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laila Putri Sekar Ati, Ali Muqoddas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0