PERANCANGAN MEDIA PROMOSI HANDS ON COMMUNITY BAKINGAND COOKING COURSE DI SEMARANG

Authors

  • Laila Putri Sekar Ati Universitas Dian Nuswantoro
  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7718

Abstract

Hands On Community Baking and Cooking Course merupakan sebuah program baking dan cooking class yang disediakan olehToko Bahan Kue Luciana yang sempat berhenti beroperasi karenapandemi. Rencananya dia akan beroperasi kembali setelah masapandemi, oleh karena itu dia memerlukan rancangan mediapromosi yang dapat memperkenalkan programnya kembalidengan atmosfer baru dan skala jangkauan yang lebih luas.Metode penelitian untuk perancangan ini menggunakan, metodekualitatif, melalui wawancara, observasi, studi pustaka, strategibauran pemasaran 7P, metode analisa SWOT dan metodeperancangan multimedia. Strategi yang dirumuskan adalahmenekankan fasilitas yang ditawarkan, melalui pelaksanaanprogram dengan protokol Covid-19 sehingga tetap aman untukdilakukan serta up to date terhadapt tren makanan terkini. Proseskreatif dilakukan dengan konsep bertemakan food and beveragesyang bersifat demonstratif dan berkesan estetis menggunakanteknik visual cinematic video. Media yang dihasilkan sebagaimedia promosi adalah Instagram video ads sebagai media utama,kemudian Instagram reels, Instagram feed untuk menu, dan postersebagai media pendukung

References

Andika, I. W. G. A., 2015. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Payuk Balinese

Home Cooking Class Di Ubud, Gianyar-Bali. pp. 1-33.

Andini, T. N., 2020. IDN TIMES. [Online] Available at:

https://www.idntimes.com/food/recipe/tresna-nur-andini/10-bahan-utama-yang-harus

dipersiapkan-untuk-membuat-kue-c1c2?page=all

Anon., 2019. Binus University. [Online] Available at:

https://binus.ac.id/bandung/2019/07/memahami-jenis-typeface/

Anon., t.thn. [Online] Available at: https://www.instagram.com/p/CInDpNhn_g2/

Anon., t.thn. [Online] Available at: https://bogasari-baking-center-semarang.business.site/#posts

Anon., t.thn. [Online] Available at: Pinterest.com

Anon., t.thn. bogasaribakingcenter_smg. [Online] Available at:

https://www.instagram.com/bogasaribakingcenter_smg/?hl=en

Anon., t.thn. handsoncommunity. [Online] Available at:

https://www.instagram.com/handsoncommunity/?hl=en

Anon., t.thn. kursuskuefortunesemarangii. [Online] Available at:

https://www.instagram.com/kursuskuefortunesemarangii/?hl=en

Claudia Christanto, C. A. A. A. T. W., 2019. Perancangan Media Promosi Toko Roti 46 Jember. pp.

-9.

Films, S., 2020. [Online] Available at: https://youtu.be/GlrxcuEDyF8

Gavgboyz, T., 2018. [Online] Available at: https://youtu.be/GlrxcuEDyF8

Novitasari, N., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank

Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Yogyakarta Adisucipto Unit Gejayan

Yogyakarta. pp. 14-42.

Setiyaningsih, Y., 2022. dianisa.com. [Online] Available at: https://dianisa.com/pengertian-layout

desain/

Siti Nur Aidah, T. P. K. I., 2021. Panduan Berbisnis Kue Kekinian. s.l.:Penerbit KBM Indonesia.

Stockman, S., 2014. How to Shoot Video that Doesn't Suck : Cara Asyik Bikin Video Ciamik.

Jakarta: Prigel Books.

Thabroni, G., 2018. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/semiotika-pengertian-simbol

dan-tanda-tanda/

Thabroni, G., 2018. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/perpaduan-warna/

Thabroni, G., 2019. [Online] Available at: https://serupa.id/desain-komunikasi-visual-dkv

penjelasan-lengkap/

Thabroni, G., 2019. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/tipografi/

Thabroni, G., 2020. serupa.id. [Online] Available at: https://serupa.id/gambar-ilustrasi-pengertian

ontologi-jenis-fungsi-contoh/

Triyanti, N., 2018. Analisis Efektivitas Iklan Bajaj Pulsar Pada PT Sumber Trada Motor Di Bandar

Lampung. pp. 9-20.

Uswaton, H., 2018. Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen

Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Moderasi Pada Kos Putri Dewi Sekartaji Ponorogo.

pp. 28-58.

W, G. A., 2016. Perancangan Promosi Wisata Bahari Pantai Menganti Kebumen. pp. 21-22.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ati, L. P. S., & Muqoddas, A. (2022). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI HANDS ON COMMUNITY BAKINGAND COOKING COURSE DI SEMARANG. CITRAKARA, 4(4), 506–528. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7718