Perancangan Ulang Logo Soraya Resto untuk Meningkatkan Brand Identity

Authors

  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro
  • Muhammad Tsaqif Hanan Alghifari
  • Erisa Adyati Rahmasari

Abstract

Soraya Resto adalah rumah makan yang didirikan pada tahun 2021 di daerah Kota Batang, Jawa Tengah. Soraya Resto sudah memiliki logo namun belum merepresentasikan identitas dari perusahaan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang ulang logo Soraya Resto yang mampu merepresentasikan identitas Soraya Resto agar dapat meningkatkan brand identity dari Soraya Resto. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan didukung oleh analisis SOAR sebagai metode analisis data serta metode perancangan 5 tahap proses desain menurut Robin Landa. Hasil akhir dari perancangan ini adalah logo melalui Graphic Standard Manual (GSM) dan media pendukung berupa X-Banner, Instagram Feed, Instagram Story, Kemasan, Buku Menu, Kartu Nama, Sticker, T Shirt, Mug dan Tote Bag.

References

Ade Ferdiansyah. (2016). Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika Tangerang.

Adelia Efendy, & Dergibson Siagian. (2020). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust- Studi Empirik pada Produk Honda Motor di Jakarta.

Aditya Hendrajati. (2016). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust Yamaha.

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna (Irfan Fahmi, Kharisma Putra Utama, & Jeffry, Eds.; Edisi Pertama). KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Ana Savitri, F., & Setiawan, D. (2018). Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi. In Jurnal Kreatif (Vol. 9, Issue 1).

Anak Agung Ngurah Gede Marhendra, Agung Eko Budi Waspada, & Sangayu Ketut Lakseni Nilotama. (2021). Perancangan Identitas Visual Rebranding Citra Perusahaan Cemara Ceramics Design of Cemara Ceramics Visual Rebranding Identity. In Sangayu Ketut Laksemi Nilotama Jurnal Seni & Reka Rancang (Vol. 4, Issue 1).

Asrori Al Ishaqi, A., & Ariffudin Islam, M. (2021). Perancangan Re-Branding Identitas Visual Kopi Totalitas di Surabaya. Jurnal Barik, 2(3), 1–15.

Belinda Agustin. (2016). Strategi Rebranding Royale Hotel Bandung.

Daniela, D., & Anwari, E. (2022). Perancangan Ulang Identitas Brand Kopi Tubruk Kapal Selam.

Datin Tafana, & Ir. Suparwoko. (2019). Redesain Pondok Pesantren Subulana, Kota Bontang, Kalimantan Timur dengan Pendekatan Ramah Lingkungan.

Dwi, A., Utami, W., & Hakim, L. (2016). Perancangan Desain Logo “Lbh Sandhi Wafa & Partners Counselor & Attorneys at Law.” In Jurnal Ilmu Komputer dan DKV (Vol. 1, Issue 1).

Fenus Yoselinus, R., Harnoko, I., & Widya Prio Utomo, N. (2022). Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Griya Sarana Label.

Firdaus Azwar Ersyad. (2021). Semiotika komunikasi dalam perspektif Charles Sanders Pierce. Sumatra Barat : CV Mitra Cendekia Merdeka.

Hendrawan, & Rofal. (2016). Redesain Logo Sebagai Identitas Visual Produk Kopi Raja Luwak.

Hendrik Sitorus, J. P., & Sakban, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar. Jurnal Bisantara Informatika (JBI), 5(2).

Herliyani, E., & Suryana, D. J. (2015). Dkv Sebagai Perancangan Media Promosi Jurusan Desain Komunikasi Visual (DIII) Undiksha Berbasis Web (Vol. 10, Issue 20).

Indika, D. R., & Dewi, W. U. (2018). Analisis Rebranding untuk Membentuk Favorable Brand Image pada Radio Play 99ers.

Ivan Lukmannul Hakim. (2021). Implementasi Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Bandung.

Jean Patricia Suryaatmadja. (2016). Analisa Tanda Visual Iklan Televisi Nestle Bear. https://bluni.files.wordpress.com/2008/12/implied-line2.jpg

Kim Baer. (2010). Information Design Workbook: Graphic approaches, solutions, and inspiration +30 case studies. Rockport Publisher.

Muhammad Derizis, & Erwan Komara. (2020). Makna Logo Rumah Zakat (Studi Kualitatif Dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat).

Muhammad Tegar Prakasa. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pemantauan Status Gizi Balita dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Naive Bayesian Classification pada Posyandu.

Oktavianus Sakti, N. (2021). Rebranding TVF Footwear Bandung.

Rio Ekin Putra. (2020). Perancangan Logo dan Corporate Identity Cafe Mak Rempong “Milenial Choice Cafe.”

Robin Landa. (2010). Graphic Design Solutions (4th ed.). Clark Baxter. Sendy Sahara, & Angga Pradipta Baskoro. (2019). Perancangan Logo Dan Corporate Identity Rumah Makan Biyunge “Ciri Khas Jawa.”

Setiadi Hubert. (2017). Perancangan Rebranding Bengkel N’S Garage.

Sugiarti, W. S., Pujangkoro, A., & Trayan, M. (2023). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspiration & Result) Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Digital Market. Jimak, 2(Mei), 2809–2406.

Tony Van Chandra. (2012). Tinjauan elemen visual pada logo baru PT.Kereta Api Indonesia (persero) dan keselarasannya dengan budaya perusahaan.

Vhany Agustini Witarsa. (2015). Eksplorasi Aplikasi Alas Kaki yang Terinspirasi dari Kelom Geulis.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Muqoddas, A., Alghifari, M. T. H., & Erisa Adyati Rahmasari. (2025). Perancangan Ulang Logo Soraya Resto untuk Meningkatkan Brand Identity. CITRAKARA, 7(2), 245–258. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/citrakara/article/view/13525

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.