Perancangan Katalog Produk Immanuel Baby Shop dengan Fotografi Desain untuk Memperluas Pasar

Authors

  • Cindy Lie Wijaya Universitas Dian Nuswantoro
  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6836

Abstract

Immanuel Baby Shop merupakan usaha yang menjual pakaian bayi dan anak ke toko dan swalayan. Pandemi menyebabkan Immanuel Baby Shop sulit menawarkan produk barunya hingga omset menurun. Immanuel Baby Shop perlu melakukan inovasi dengan membuat katalog produk digital menggunakan fotografi desain. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan katalog produk ini adalah kualitatif dan menggunakan analisis SWOT dan 5W1H untuk memperluas pasar dan mempermudah promosi. Perancangan ini menghasilkan karya fotografi desain menggunakan esai foto dengan tema kenyamanan produk untuk digunakan dari pagi hingga malam dalam beberapa karakter grafis. Hasil perancangan utama adalah feeds Instagram dan media pendukung berupa story dan reels Instagram serta Shopee

References

Daryaatmaka, G. (2019) E-Katalog / E-Catalogue: Sejarah, Definisi, Contoh, Penjelasan Lengkap!, Promise.co.id. Available at: https://promise.co.id/e-katalog-apa-itu-definisi-lengkap-e-catalogue/.

Desrianti, D. I., Wandanaya, A. B. and Sumaryani, A. (2013) ‘Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Cv.Zero Store’, CCIT Journal, 7(2), p. 288. doi: 10.33050/ccit.v7i2.243.

Devina, S., Bangsa, G. and Yudani, H. D. (2013) ‘PERANCANGAN ESAI FOTOGRAFI SEBAGAI PENUNJANG PELESTARIAN JARAN KENCAK LUMAJANG Title: Essays on Art Photography Design For Supporting Preservation Jaran Kencak Lumajang’, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(2), pp. 1–10.

Djirong, A., Arifin, I. and T, D. (2018) ‘Ilustrasi Fotografi Desain Gerakan Tari Padduppa Sebagai Buku Panduan Pembelajaran’, Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, pp. 44–45. Available at: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=1zAKhHAAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=1zAKhHAAAAAJ:UebtZRa9Y70C.

Fitriani, Y., Djamain, Y. and Kurniati, R. D. (2016) ‘Perancangan E-Katalog Pada Perpustakaan Digital STT-PLN Berbasis Web’, Petir, 9(2), pp. 121, 164–165. doi: 10.33322/petir.v9i2.178.

Frederick, B. and Maharani, A. K. (2021) ‘Eksistensi Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(2), p. 79.

Gunawan, A. P. (2012) ‘Peranan Warna dalam Karya Fotografi’, Humaniora, 3(2), pp. 542–544, 547.

Harsanto, P. W. (2019) Fotografi Desain, PT. Kanisius. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Kamal, N. (2019) Fotografi Dalam Konteks Ilmu Desain Komunikasi Visual, CV Berkah Prima. Padang: CV. Berkah Prima.

M.A., M. (2010) Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U9xDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=periklanan+adalah&ots=Y0L6dd1rxb&sig=Lk5h7CY6VrYxw9XfUVAuTp9xc_w&redir_esc=y#v=onepage&q=periklanan adalah&f=false.

Mangifera, L., Pramesti, A. N. and Dewi, S. N. (2016) ‘Efektifitas Katalog Sebagai Media Promosi Bagi Pengembangan UMKM di Kabupaten Sragen’, Jurnal Management dan Bisnis, 1(1), p. 5. Available at: http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/2364.

Nurcahyadi, G. (2021) ‘Pelaku Usaha Digital Meningkat Selama Pandemi Covid-19’, Media Indonesia - Ekonomi, p. 1. Available at: https://mediaindonesia.com/ekonomi/393035/pelaku-usaha-digital-meningkat-selama-pandemi-covid-19.

Putri, D. (2018) Strategi Periklanan untuk Menarik Minat Siswa Memilih Bimbingan Primagama Cabang Bukit Palembang. Pioliteknik Negeri Sriwijaya. Available at: http://eprints.polsri.ac.id/6079/.

Rachmawati, R. (2011) ‘Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan’, Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), pp. 144–147.

Rifqi, M. (2020) Perancangan Katalog CV. Muria Jepara Indofurni menggunakan Fotografi Desain. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Rizky, N. and Dewi Setiawati, S. (2020) ‘Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), pp. 177–190. doi: 10.15642/jik.2020.10.2.177-190.

Sari, D. N. and Basit, A. (2020) ‘Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting’, Persepsi: Communication Journal, 3(1), pp. 23–36. doi: 10.30596/persepsi.v3i1.4428.

Semarangkota.go.id (2021) ‘Ketentuan PPKM Level 4 Kota Semarang’, p. 1,4. Available at: https://semarangkota.go.id/p/2695/Ketentuan-PPKM-Level-4-Kota-Semarang.

Soedarso, N. (2014) ‘Perancangan Buku Ilustrasi Perjalanan Mahapatih Gajah Mada’, Humaniora, 5(2), pp. 565–566. doi: 10.21512/humaniora.v5i2.3113.

Taufik, M. and Wikan, D. (2017) ‘Perancangan Fotografi Esai “Semarang City By The Sea” dengan Pendekatan Edfat’, ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(02), pp. 204–212. doi: 10.33633/andharupa.v3i02.1529.

Wulandari, Y. (2010) Manajemen Teks, Foto dan Grafis dalam Desain Layout Iklan Majalah pada Kabare Magazine Yogyakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yahya, D. M. (2021) ‘Rancang Bangun Aplikasi Katalog Digital Pada Cv Mitra Bangunan Berbasis React Native’, p. 8.

Yarlina, V. P. and Hunda, S. (2021) ‘Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal UMKM dan Industri Rumah Tangga melalui Media Sosial dan E-Commerce’, 5(6), p. 3466.

Yoga (2017) Rancangan Katalog Buku Tugas Akhir Program D3 Ilmu Perpustakaan 2014-2017 Fakultas ADAB DAN HUMANIORA UIN I mam Bonjol Padang. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Yuliadewi, L. (1999) ‘Mengenal Fotografi dan Fotografi Desain’, Nirmana, 1(1), pp. 2–4, 7–8. Available at: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16038.

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Wijaya, C. L., & Muqoddas, A. (2022). Perancangan Katalog Produk Immanuel Baby Shop dengan Fotografi Desain untuk Memperluas Pasar. CITRAKARA, 4(2), 210–232. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i2.6836

Issue

Section

Articles