PERANCANGAN REMINDER CITRA BATIK SMILE SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5107Abstract
Toko Batik Smile merupakan butik yang menjual produk batik khas Pekalongan yang berdiri sejak tahun 2013 hingga sekarang di Kota Semarang. Seiring dengan berkembangnya zaman, mulai berdiri banyak toko besar yang menjual produk batik dengan jenis batik bervariasi dan bersaing dengan Toko Batik Smile. Oleh karena itu, perancangan media reminder yang tepat untuk Toko Batik Smile berguna untuk mempertahankan citranya di hati para konsumennya. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif melalui pengumpulan data primer dan sekunder, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis SWOT. Hasil perancangan berupa feed instagram sebagai media utama, dan media pendukung seperti member card, invoice, mug, hanging mobile ,dan paper bag. Melalui perancangan media reminder ini diharapkan menjaga citra Batik Smile dikalangan konsumen agar tetap pada persaingan dengan kompetitorReferences
Rahmawati, F. E. (2015). Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas di Sokaraja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Lestari, D. W. T. (2016). Perancangan Media Promosi Batik Kota Mojokerto Melalui Ambient sebagai Upaya Mendukung Program Mojokerto Service City (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Wibisono, G., & Susanto, W. E. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi, 6(2), 46–55.
Amin, F., Soelistijadi, R., & Priyambodo, A. (2012). Aplikasi E-Commerce Sentra Batik di Kota Semarang Sebagai Salah Satu Upaya Media Promosi dan Transaksi Secara Online. Dinamik, 17(1), 243866.
Nurainun, O., & Rasyimah, H. (2008). Analisis Industri Batik Di Indonesia Oleh: Nurainun, Heriyana Dan Rasyimah Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh Banda Aceh. Fokus Ekonomi, 7(3), 124–135.
Laely, N. (2020). Bab Ii Kajian Pustaka 14082016. 5–14.
Rupa, P. S., Bahasa, F., Surabaya, U. N., Eko, D., Basuki, A., & Pd, M. (2014). Perancangan Media Promosi Batik Tulis Jarak Arum Di Dolly Surabaya Perancangan Media Promosi Batik Tulis Jarak Arum Di Dolly Surabaya Rany Ineke Dewi Tabrani D. 189–199.
Bahasa, F., Seni, D. A. N., & Semarang, U. N. (2015). Perancangan Media Promosi Pariwisata. Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran
Islam “AT-TABSYIR,” 2(2), 77–95.
Moersid, A. F. (2013). Re-Invensi Batik Dan Identitas Indonesia Dalam Arena Pasar Global.
Jurnal Widya, 1(2), 121–128.
Larasati, Awita Ekasari. 2018. Mengenal Pentingnya Warna dalam Desain Grafis, diakses dari : www.idseducation.com, pada 25 Oktober pukul 17.00 WIB
Munsell, Albert. 2012. The Shape of Choice for Color Comparison, diakses dari : www.munsell.com, pada 26 Oktober 2020 pukul 07.51 WIB
Lets talk advertising. 2019. Pengetahuan Dasar Kekuatan Warna, diakses dari : www.letstalk- ad.com, pada 26 Oktober 2020 pukul 11.02 WIB
Tribox Indonesia. 2019. 7 Unsur Desain, diakses dari : www.tribox.co.id, pada 26 Oktober 2020 pukul 13.02 WIB
Ghozali, G. (2018). Pengaruh citra merek, harga, dan kepercayaan terhadap niat pembelian produk batik danar hadi di surabaya (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Endah, S., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Batik Violet Pajangan Bantul Yogyakarta) (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).
Uprint.id. 2019. Kegunaan Hanging Mobile untuk Kegiatan Promosi, diakses dari : www. uprint.id/blog, pada 10 Juli 2021 pukul 11.02 WIB
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisa Vandalina, Agus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0