PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENGENALAN RAMALIA UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN

Authors

  • Rida Sukistiana Agustin Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Noor Hasyim Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3746

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki spesies mamalia dengan jumlah banyak sesuai endemiknya. Oleh karena itu, mamalia sering dijumpai oleh manusia dan harus diperkenalkan kepada anak untuk menambah pengetahuan. Board Game sebagai Media Pengenalan Mamalia untuk anak usia 6-12 tahun, dapat menjadi pilihan dalam perancangan untuk mengurangi kecanduan terhadap gawai. Tujuannya adalah untuk menarik minat belajar anak tentang binatang mamalia agar dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak – anak. Dalam perancangan ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan analisis data 5W+1H yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang bersifat umum sehingga mudah dipahami oleh anak-anak usia 6-12 tahun. Data ini didapatkan memlaui tekhnik wawancara dan angket.

References

Muslimati, Zahrotul. 2015. Perancangan Promosi Pariwisata di Magelang melalui Permainan Magelang City Board Game. 2015. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Halimah, Nisa. 2018. Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Sholat dan Bacaanya untuk Anak Umur 6-8 Tahun. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Anggun Fajariska dan Eka Rizkianto. 2016. Perancangan Board Game Hanacaraka sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar Kelas 3 dan 4. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Truong, Bryan. (2019). Exploring the Different Types of Board Games + Real Examples, Artikel Laman. https://gamecows.com/types-of-board-games/ (diunduh: 4 Mei 2019)

Anymous. Bab 2 Bahasa Rupa, nak dan Gambar Anak, Artikel Laman. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/530/jbptunikompp-gdl-endahsupra-26484-4-unikom_e- i.pdf (Diunduh: 2 Juli 2019)

Manarul, Ahmad. (2019). Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif, Artikel Laman. https://www.yuksinau.id/perbedaan-kualitatif-dan-kuantitatif/ (Diunduh: 2 Mei 2019)

Zein, Sakti. (2017). Pengertian Hewan Buas, Ciri, dan Contohnya, Artikel Laman, https://satwa.foresteract.com/2017/08/pengertian-hewan-buas-ciri-dan-contohnya.html (Diunduh: 3 Mei 2019)

Burhanuddin, Afid. (2019). Penelitiaan Kuantitatif dan Kualitatif, Artikel Laman. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/05/21/penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif/ (Diunduh: 4 Mei 2019)

Aisha, Mendy. (2018). Pengertian Mamalia : Klasifikasi dan Contoh Kumpulan Hewan Mamalia, Artikel Laman. https://jagad.id/pengertian-mamalia-ciri-ciri-klasifikasi-dan-contoh-kumpulan- hewan-mamalia/ (Diunduh: 4 Mei 2019)

Ida, Sasmita. (2017). Bab 4 Konsep Desain 4.1 Landasan Teori Teori Publikasi, Artikel Laman. https://jagad.id/pengertian-mamalia-ciri-ciri-klasifikasi-dan-contoh-kumpulan-hewan- mamalia/ (Diunduh: 4 Mei 2019)

Anonymous. (2018). 30 Sayuran dan Buah yang Boleh Dimakan Anjing, Artikel Laman. https://disiniaja.net/ciri-ciri-hewan-mamalia/ (diunduh: 1 Desember 2019)

Anonymous. (2019). 11 Ciri-Ciri Hewan Mamalia Secara Umum, Artikel Laman. https://disiniaja.net/ciri-ciri-hewan-mamalia/ (diunduh: 29 Mei 2019)

Toemon, Sylvana. (2017). 5 Manfaat Board Game, Artikel Laman. https://bobo.grid.id/read/08674190/5-manfaat-board-game-?page=all (Diunduh: 4 Mei 2019)

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Agustin, R. S., & Hasyim, N. (2020). PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENGENALAN RAMALIA UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN. CITRAKARA, 2(01), 14–24. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3746

Issue

Section

Articles