PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI VIRTUAL REALITY UNTUK UMKM LUMINTU DI KOTA SEMARANG

Najib Muhammad Ibnu, Noor Hasyim

Abstract


UMKM Lumintu adalah kelompok UMKM yang berada di kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang yang menjual berbagai produk makanan dan minuman. Dalam pemasaran produknya UMKM Lumintu kurang maksimal dalam hal promosi termasuk pemanfaatan media digital, maka dari itu Lumintu berusaha memanfaatkan teknologi virtual reality lewat media aplikasi smartphone. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perancangan ini dibuat untuk membuat tampilan User Interface pada aplikasi virtual reality UMKM Lumintu. Metode perancangan yang digunakan yaitu metode yang dikemukakan oleh Robin Landa yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya: Orientation, Analysis, Concepts, Design, dan Implementation. Hasil akhir perancangan ini adalah tampilan User Interface pada aplikasi Virtual Reality untuk UMKM Lumintu yang mudah serta nyaman digunakan untuk masyarakat di Kota Semarang.

Full Text:

PDF

References


DIMAS A.P. 2017. Implementasi Pengendalian Quadcopter Dengan Prinsip Virtual Reality Menggunakan Google Cardboard. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 1, No. 12: 1451-1458

FIRLY W. 2017. Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Astronomi Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer.Vol. 1, No. 11: 1185-1194

Kadir. A.2005. Pengenalan Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta

Landa, Robin. Graphic Design Solutions. Boston: Wadsworth, 2011.

Nazala, A. (2020). Digitalisasi UMKM, Pemkot Semarang Kerja Sama dengan Youtap Artikel ini telah tayang di dengan judul “Digitalisasi UMKM, Pemkot Semarang Kerja Sama dengan Youtap”, Klik selengkapnya di sini: https://semarang.bisnis.com/read/20200813/535/1279058/digitalisa. Bisnis.Com.

Saurik, H. T. T., Purwanto, D. D., & Hadikusuma, J. I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 6(1), 71.

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan.

Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 2.

Zikky, M., Bagar, F. N. C., Firdaus, M., Assidiqi, M. H., & Hidayatulloh, N. (2016). Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android. In Seminar Nasional Teknologi Terapan. Oktober.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9220

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0