PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MEMPROMOSIKAN PURPPLE BUBBLE STUDIO

Authors

  • Daffa Surya Hanansyah Universitas Dian Nuswantoro
  • Ali Muqoddas Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Purple Bubble Studio merupakan sebuah studio ilustrasi yang menyediakan berbagai pembuatan jasa ilustrasi dengan produk utamanya yaitu pembuatan anime illustration. Dalam memasarkan produknya Purple Bubble Studio menggunakan marketplace utamanya yaitu Fiverr, namun karena banyaknya kompetitor yang mulai bermunculan mengakibatkan ketidakstabilan pembeli dan pendapatan Purple Bubble Studio setiap bulannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah rancangan media promosi berbasis motion graphic, yang dinilai lebih fleksibel dalam menarik calon konsumen karena informasi yang disajikan dapat lebih kreatif dan mudah dipahami. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis SWOT untuk membantu pembuatan perancangan ini yang menghasilkan media promosi berbasis motion graphic dengan konsep visualisasi yang kreatif, penyajian informasi pengerjaan cepat dengan harga yang terjangkau sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

References

Adinata, D. C. (2022, Desember 6). Dampak Positif Trend VTUBERS terhadap Perekonomian dalam Masyarakat. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/chandradimas7062/638ebe704addee3dd61b2022/dampak-positiftrend-vtubers-terhadap-perekonomian-dalam-masyarakat

Arifin, S. (2023, May 10). Gamelab Indonesia. Retrieved from Apa Itu Motion Graphic? Kegunaan dan Pentingnya Skills Motion Graphic: https://www.gamelab.id/news/2426-apa-itu-motiongraphic-kegunaan-dan-pentingnya-skills-motion-graphic

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.

Faizin, N., & Ali, M. (2019). Perancangan Iklan Motion Graphic Keselamatan Berlalu Lintas Sebagai Knowledge Management Pada Media Sosial. Perancangan Iklan Motion Graphic Keselamatan Berlalu Lintas Sebagai Knowledge Management Pada Media Sosial, 1-5.

Gafar, A. (2008). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Penggunaan

Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran, 43.

Harpiawan, G. (2022, November 17). Mau Tahu Cara Menjadi VTuber di Indonesia? Begini Langkah-Langkahnya! Retrieved from Metanesia: https://metanesia.id/blog/cara-menjadivtuber-di-indonesia

Pradani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjual Hasil Industri Rumahan . Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 46-53.

Prasanti, D. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN. Studi Kualitatif tentang Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja , 13-21.

Rangkuty, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Teknik Membedah Kasus Bisnis, 19.

Saputra, D. I. (2021). Virtual YouTuber (VTuber) Sebagai Konten Media Pembelajaran Online.

Virtual YouTuber (VTuber) Sebagai Konten Media Pembelajaran Online, 14-20.

Sukarmadji, M. S. (2021). Perancangan Promosi Virtual Youtuber Cerita Tessa Melalui Media Video Iklan Animasi. Perancangan Promosi Virtual Youtuber Cerita Tessa Melalui Media Video Iklan Animasi, 6-38.

Sutarsih, T. (2021, Agustus). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Retrieved from Badan Pusat Statistik: www.bps.go.id

Tjiptono, F. (2008). Startegi Pemasaran Edisi iii. Pamekasan: Andi.

Utami, S. S. (2010). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN BISNIS. PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN BISNIS, 61-67.

Widi, S. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023.

Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-mediasosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Yusa, I. M., & Putra, I. P. (2016). Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di

Denpasar. Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan

Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Denpasar, 1-10.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Hanansyah, D. S., & Muqoddas, A. (2024). PERANCANGAN MEDIA IKLAN BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MEMPROMOSIKAN PURPPLE BUBBLE STUDIO. CITRAKARA, 6(2), 235–249. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/10967

Issue

Section

Articles