Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening di Kota Semarang
Abstract
This study aims to determine the effect of brand ambassadors, brand image, and price on purchasing decisions. The population in this study were consumers who had purchased Scarlett Whitening products at least twice in Semarang City, the number of which cannot be known. The process of collecting data and population in this study is by distributing questionnaires via the Google form link. The samples taken were 100 respondents. The sampling technique used was non-random purposive sampling. The type of data used is primary data. The data collection method used a questionnaire and the analysis technique used was multiple regression. The results of the analysis show that: 1) The brand ambassador variable has no positive and significant effect on purchasing decisions. 2) The brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. 3) The price variable has a positive and significant effect on purchasing decisions.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian minimal dua kali pada produk Scarlett Whitening di Kota Semarang yang jumlahnya tidak dapat diketahui. Proses pengambilan data dan populasi pada penelitian ini dengan penyebaran kuesioner melalui link Google form. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non- acak jenis purposive sampling. Jenis data yang dgunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Variabel brand ambassador tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2) Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keywords:PromosiKualitas layananGrab IndonesiaKeputusan penggunaanReferences
Amalia, A., & Markonah. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wardah di Jakarta. Perbanas Journal of Islamic Economics & Business, 2(2), 157-166.
Andrews, J. Craig and Terence Shimp. 2018. Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications, 10th Edition. USA: Cengage Learning
Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022) Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Terdadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening : Studi Kasus Pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342
Dwi Indah Utami, & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 102–111.
Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus pada Produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, A., & Husna Leila Yusran. (2017). Penelitian bisnis pendekatan kuantitatif. In Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kenca
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. 298-832-1-Sm. 3(1), 1–22.
Irwansyah, Rudy dk. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada
Isnurhadi, Z., & Widiyanti, I. (2021). How to Cite The Effect of Brand Image, Brand Ambassador, and Product Quality on the Purchase Decision of Mustika Ratu Products (Study on Sriwijaya University Students). International Journal of Social Sciences, 4(1), 182–189.
Kicky Camallya Arista, & Khusnul Fikriyah. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 453–466.
Kojongian, F. G., Tampi, J, R., & Walangian, O, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline, Jurusan Ilmu Administrasi, 3(5), 465-475
Kolinung, M. S., Mananeke. L, & Tampanewas. J. L. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi), Jurnal EMBA, 10(3) , 101-111
Kotler, P & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). New York: Pearson.
Kotler, P., & Keller, kevin lane. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. 2016. Marketing Management 15 edition. New Jersey : Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hal
Kotler, Philip. (2015). Marketing Management. Pearson Education.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953.
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image. 11(1), 32–46.
Pusaka, S., & Anggriyani, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,Produk. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 01(01), 18-24.
Rahayu, D. S. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Persepsi Harga, dan Brand Ambassador terhadap keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Kosmetik YOU di Terang Beauty Demak). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2182.
Riezki, N., & Harahap, A. T. (2021). Pengaruh Harga dan Citra Merek Kosmetik Oriflame Terhadap Keputusan Pembelian pada Karyawati PT. Socimas. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 75–85.
Safika, E., & Raflah, W. J. (2021). The Influence of Brand Image, Brand Ambassador and Price on Purchasing Decisions for Scarlett Whitening Product in Riau. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis Seri Manajemen, Investasi Dan Kewirausahaan, 1(1), 8.
Sasongko, G. A., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, dan Product Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 488–501.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuanlitatif, Kualitatif, dan Kominasi. Alfabeta
Sumaryanto, Widajanti, & Susanti, N. I. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 9(1), 93–110.
Supangkat, A. S., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sariayu Martha Tilaar di Kota Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 140–149.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar (4th ed.). PT Rineka Cipta: Jakarta.
Unwallah, A., & Nuraini. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Presepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unirow Tuban. Jurnal Oportunitas UnirowTuban, 03(01)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.