Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Grab Bike Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Authors

  • Desi Setiya Ningsih Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Handy Nur Cahya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

This study aims to determine the effect of promotion, service quality and price on consumer decisions. The population in this study were Dian Nuswantoro University students in Semarang who had used grab bike transportation services. The sampling technique in this study used purposive sampling with 100 respondents who were students at Dian Nuswantoro University, Semarang. The type of data used is primary data. The multiple regression analysis technique uses the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) program. The results of the analysis show that: 1) The promotion variable has a positive and significant effect on consumer decisions. 2) The service quality variable has a positive and significant effect on consumer decisions. 3) The price variable has no positive and significant effect on consumer decisions.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas layanan dan harga terhadap keputusan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas dian nuswantoro semarang yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi grab bike. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 100 responden yang merupakan mahasiswa universitas dian nuswantoro semarang. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis regresi berganda menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa : 1) Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. 2) Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. 3) Variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Keywords:PromosiKualitas layananGrab IndonesiaKeputusan penggunaan 

References

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Dedy, A., Mubarok, A., & Futri, D. E. (2022). Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Grab-Food Di Bandung. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 4(1), 36–43. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/743%0Ahttps://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/download/743/531

Djawoto, V. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Grab Bike Di Kota Mojokerto.

Hanifah, N. (2016). Perbedaan hasil belajar materi elastisitas melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student archivement division (stad) siswa kelas x SMA negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(3), 67–73.

Hasbiyadi, Mursalim, Suartini, Djunaid, S., & Masrum, A. A. (2017). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera Pada Pt . Sungai Saddang Sejahtera. (Manajemen & Akuntansi, XXII, 57–64.

Herison, R., Fachmi, M., & Ismail, I. K. (2021). Amkop Management Accounting Review ( AMAR ) Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Jasa Grab Food di Kota Makassar Abstrak. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(2), 24–31. https://doi.org/10.37531/amar.v1i2.131

Hutagalung, E. A., Turnip, K. P., Terok, Z. Y. S., & ... (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Diskon Harga Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Layanan Aplikasi Grab di Kota Medan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1125–1139. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/573%0Ahttps://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/download/573/449

Irjayanti, E., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Esther House of Beauty Manado (Studi Kasus Pada Pelanggan Klinik Esther House of Beauty Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1.

Kurniawan, M., & Hildayanti, K. siti. (2019). ( STUDI KASUS KONSUMEN GRAB ) Ecoment Global. Jurnal Ecoment Global, 4(2).

Lase, A. Y. P. (2019). Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Asus Service Center Kota Jambi. Science of Management and Students Research Journal, 1(6), 1–8. https://doi.org/10.33087/sms.v1i6.30

Lawu, S. H., Sitorus, R. M., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Grab Bike (Studi Kasus Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(November), 126–129. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/931

Mahasani, E. F., & Wahyuningsih, T. H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan penggunaan GoRide dan GrabBike di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 57–68.

Rifaldi, Kadunci, & Sulistyowati. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 1.

Riski Putri, V. N. A., & Pradhanawati, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Grab. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(4), 1398–1407. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32456

Satyakristi, M. Y. N., & Khuzaini. (2020). ( Studi Kasus Pada Mahasiswa STIESIA ) Maria Yuvanda Nilam Satyakristi Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, 9(9), 1–18.

Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 244–259. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1792

Wicaksono, H. (2019). Pemanfaatan E-Journal oleh Mahasiswa pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jakarta. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 4(2), 67. https://doi.org/10.14710/lenpust.v4i2.19676

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Ningsih, D. S., & Cahya, H. N. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Grab Bike Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 138–149. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/9112

Most read articles by the same author(s)