Pengaruh Country of Origin, Store Atmosphere dan Lifestyle terhadap Minat Beli pada Toko Miniso di Kota Semarang

Authors

  • Marrizka Nurcahya Kurniawati Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Imam Nuryanto Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

More and more retail business competition will result in many choices for customers to choose retail stores that will be used to buy the desired needs. The population used in this study were all Miniso shop customers in Semarang City with a sample of 100 people. The sample selection used a purposive sampling technique. Testing the data using multiple linear regression, the partial t test, simultaneous f test and the coefficient of determination. The data used uses primary data obtained from distributing questionnaires and is measured with a Likert scale of 1 to 5. The results show that: (1) Country of origin has an effect but not significant on purchase intention. (2) Store atmosphere has a significant effect on buying interest. (3) Lifestyle has a significant effect on purchase intention. (4) The country of origin, store atmosphere and lifestyle variables jointly influence purchase intention.Persaingan bisnis retail yang semakin banyak akan mengakibatkan banyaknya pilihan bagi pelanggan untuk memilih toko retail yang akan dijadikan untuk membeli kebutuhan yang diinginkan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini semua pelanggan toko miniso Kota Semarang dengan sampel digunakan 100 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian data menggunakan regresi linear berganda, uji t parsial, uji f simultan dan koefisien determinasi. Data yang digunakan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner dan diukur dengan skala likert 1 sampai 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Country of origin berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat beli. (2) Store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. (3) Lifestyle berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. (4) Variabel country of origin, store atmosphere dan lifestyle secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat beli. Keywords:country of originstore atmospherelifestylepurchase intention

References

Alawiyah, T., Edy, L., Mulyono, H., Rinuastuti, B. H., & Ekonomi, F. (n.d.). Coo 5.

Azizah, Z., Hanafi, A. H., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Pelanggan di Kule’a Coffee di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 3(01), 2745–2892.

Febri Ady Prasetyo. (2021). Miniso. Tribunnewswiki. https://www.tribunnewswiki.com/2021/05/05/miniso

Imam, F., Basamalah, R. M., & Hatneny, I. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Minimarket X-Drass. E-Jurnal Riset Manajemen (E-JRM), 12(01).

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management edition 14. New Jersey:Global Edition.

Latipah, R. (2017). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Sandal Dan Sepatu Bata Cabang Kuningan. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 13(3), 159–166.

Makhsun, M. A. (2019). Kolaborasi Miniso-Marvel Sasar Pasar Anak Muda. Suara Merdeka. https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-04117041/kolaborasi-minisomarvel-sasar-pasar-anak-muda

Purbaya, H. A. dan Putra, M. (2019). PENGARUH PERCIEVED QUALITY, HARGA DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLDMAN.CO. Jurnal Mitra Manajemen (JMM), 3(11), 1038-1054.

Rakhmawati, K. R., Trenggana, M. F. A. (2018). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PRODUCT ASSORTMENT DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PDA TRANSMART CARREFOUR BUAH BATU BANDUNG. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 8(2), 89-103.

Rizky, M., I., F., dan Khoirul, M., A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Era New Normal Di Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial (EMBISS), 3(1), 1-10.

Saputri, V. E., dan Sidanti H. (2022). PENGARUH LABEL HALAL, BAHAN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK KOSMETIK IMPOR KOREA (Pada Masyarakat Muslim Kota Madiun).

Santoso, R. A., Zunaida, D., & Hardati, N. R. (2022) PENGARUH PROMOSI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga dan Bisnis (JIAGABI), 11(02), 142-155.

SeputarSemarang.com. (2023). Miniso, Fashion dan Aksesoris Asal Negeri Sakura. Seputar Semarang. http://seputarsemarang.com/miniso/

Sopiyan, P., dan Gumelar, G. (2019). PENGARUH BRAND EQUITY DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP MINAT BELI PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), Juli 2019, ISSN 2685-2721.

Widhi, N. A., Sagir, J., & Edy, L. H. M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, COUNTRY OF ORIGIN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI VIVA COSMETICS PADA KONSUMEN INDONESIA. Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism, 1(4), Maret 2022, 19-29.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Kurniawati, M. N., & Nuryanto, I. (2023). Pengaruh Country of Origin, Store Atmosphere dan Lifestyle terhadap Minat Beli pada Toko Miniso di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 97–104. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS/article/view/8499