METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) UNTUK PENENTUAN PERINGKAT DALAM PEMBUATAN PETA TEMATIK DAERAH RAWAN DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS KABUPATEN PATI )

Imam Bukori, Pujiono Pujiono, Suharnawi Suharnawi

Abstract


Demam berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang sangat berbahaya karena  tingginya jumlah kematian yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Kabupaten Pati termasuk daerah tropis yang memiliki potensi penyebaran nyamuk ini. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat peta tematik sebagai upaya antisipasi, penanganan, dan pengendalian terhadap wilayah berpotensi DBD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (SAW yang sering disebut metode penjumlahan terbobot yaitu mencari penjumlahan dari rating kinerja pada setiap alternative dari semua atribu. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada. Dengan menerapkan metode Simple Additive Weighting (SAW), dapat membantu dinas kesehatan untuk penilaian peringkat daerah rawan demam berdarah dengue di kabupaten Pati. Berdasarkan penelitan yang dilakukan, pola penyebaran DBD yang meliputi intensitas curah hujan, kepadatan penduduk, dan  insiden kejadian demam berdarah sebagai variabel penentuan peringkat daerah rawan. Untuk menggambarkan daerah rawan DBD di Kabupaten Pati, maka pola tersebut disajikan dengan peta tematik menggunakan aplikasi ArcView. Hasil penelitian bahwa penyebaran antara penderita satu dengan lainnya tidak lepas dari pengaruh perkembangbiakan nyamuk, populasi penduduk dan penyebaran dari penderita satu kependerita lainnya. Dan peringkat tertinggi kerawanan pada tahun 2014 berada di kecamatan Pati dengan nilai 2,25 diikuti  sukolilo 2,08 dan Margorejo 2,06.

Kata Kunci: Demam Berdarah Dengue, Simple Additive Weighting (SAW), Peta tematik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v14i4.972

Article Metrics

Abstract view : 633 times
PDF - 1514 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.