SISTEM INFORMASI PENETAPAN ANGKA KREDIT (PAK) UNTUK KENAIKAN PANGKAT PADA JABATAN FUNGSIONAL GURU (STUDY KASUS DINAS PENDIDIKAN KOTA XYZ)

Amiq Fahmi, Ridha Rahmawati, Pujiono Pujiono

Abstract


Penetapan Angka Kredit (PAK) adalah hasil penilaian yang diberikan berdasarkan angka kredit untuk pengangkatan dan kenaikan pangkat dalam jabatan guru dalam penilaiannya, unsur yang digunakan meliputi unsur utama dan unsur penunjang. Unsur utama meliputi Pendidikan, Prose Belajar Mengajar (PBM), Bimbingan dan konseling, Pengembangan Profesi. Unsur penunjang meliputi Pengabdian Masyarakat, dan Pendukung Pendidikan. Penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Kota XYZ, Metode penelitian yang digunakan adalah model System Development Life Cycle (SDLC) untuk membangun perangkat lunak Penetapan Angka Kredit Guru meliputi tahapan Analisis, Desain, dan Testing/Implementasi. Hasil dari development berupa perangkat lunak Sistem Informasi berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengumpulan dan pencatatan data, penghitungan dan penetapan angka kredit, serta menghasilkan informasi yang relevan untuk membantu dan mempermudah bagian sekretariat  di Dinas Pendidikan Kota XYZ dalam urusan pelayanan dan pelaksanaan penilaian angka kredit untuk pengajuan kenaikan pangkat guru.

Kata kunci : Guru, Unsur Utama, Unsur Penunjang, Penetapan Angka Kredit.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v11i1.934

Article Metrics

Abstract view : 6417 times
PDF - 17585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.