MENGENALKAN BUDAYA BATIK PADA ANAK MELALUI GAME
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v11i4.1014Abstract
Batik merupakan salah satu warisan budaya yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak Oktober 2009. Kesenian batik adalah kesenian diatas kain untuk dijadikan pakaian yang awal mulanya hanya dipakai oleh keluarga kerajaan saja. Batik terus berkembang dan sekarang ini batik tidak hanya milik keluarga kerajaan saja, batik sudah merakyat dengan berbagai macam corak dan warna. Pola batik di wilayah-wilayah penghasil batik berbeda-beda, hal ini mencerminkan suatu seni gambar dekoratif yang sudah sejak dahulu ada. Budaya Batik ini akan penulis kenalkan kepada anak-anak Indonesia sejak dini melalui sebuah permainan (Game) di komputer. Game memiliki arti dasar permainan, permainan ini mengarah pada kemampuan seseorang untuk menyelesaikan sebuah misi tertentu. Game Batik ini akan menuntun pemain untuk melakukan kegiatan membatik dengan baik sebelum dia melakukan kegiatan membatik yang sebenarnya. Penulis memilih media game karena game banyak diminati oleh semua usia, dari yang anak-anak sampai dewasa. Game ini dibuat menggunakan alat animasi 2 dimensi, karena waktu yang diperlukan untuk memproduksinya tidak terlalu lama dan produk yang dihasilkan juga bagus. Game akan terbagi dari beberapa level sesuai dengan tahapan dalam proses membatik. Aksi yang dilakukan menggunakan mouse dan keyboard. Pencapaian yang harus dilakukan adalah membuat kain batik yang bagus dan menarik yang nanti akan dihargai dengan angka uang pada tiap levelnya, dimana uang ini nantinya bisa dibelanjakan oleh si pemain dalam sebuah toko yang telah tersedia, yang didalamnya ada berbagai macam benda-benda tradisional khas bangsa Indonesia. Game membatik masih jarang dijumpai di Indonesia sebagai negara yang terkenal di dunia dengan budaya batiknya.Game yang memiliki konsep yang menarik akan membuat pemain kecanduan. Kata Kunci: batik, budaya, game, animasi 2 dimensi, IndonesiaDownloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2012 Umi Rosyidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/










