Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Cross Selling Produk Pada Apotek RSUD Tugurejo Semarang

Penulis

  • Anggakara Ardiansyah Universitas Dian Nuswantoro
  • Acun Kardianawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/joins.v4i1.2551

Abstrak

Apotek Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang merupakan salah satu organisasi penyedia pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan. Persediaan obat dan alat-alat kesehatan pada apotek tersebut perlu diperhatikan dikarenakan berdiri di rumah sakit umum daerah yang tentunya memiliki jumlah transaksi proses penjualan obat dan alat kesehatan lainnya sangatlah tinggi. Proses transaksi pada apotek tersebut setiap harinya berkisar antara 1.000 hingga 5.000 proses. Hal tersebut dapat mengakibatkan penumpukan antrian dalam proses penjualan obat dikarenakan proses administrasi yang masih harus mencari daftar obat satu persatu. Supaya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses transaksi penjualan obat, maka perlu adanya sebuah sistem yang mampu mempersingkat waktu dalam proses penginputan data pembelian obat. Salah satunya dengan menerapkan teknik Data Mining dengan memanfaatkan cross selling produk dengan perhitungan algoritma Apriori. Algoritma Apriori merupakan salah satu dari berbagai macam algoritma dalam ilmu data mining yang dapat digunakan dalam association rule untuk menentukan frequent itemset yang fungsinya sebagai sarana bantuan untuk menemukan pola dalam sebuah data.Kata kunci : Penjualan Obat, Data Mining, Algoritma Apriori, Item set, Assotiation Rules

Referensi

F. A. H., Data Mining, Yogyakarta: ANDI, 2013.

M. Fauzy, K. . R. S. W dan I. Asror, “Penerapan metode association rule menggunakan algoritma apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kota bandung,†Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 2, no. 3, pp. 221-227, 2016.

Santoso, Pengenalan Algoritma Apriori dan Tujuannya, 2007.

S. L. Dewati, “Analisa pola transaksi obat menggunakan algoritma apriori,†Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2015.

I. Wijhah, “Analisis Asosiasi Data dengan algoritma apriori untuk sistem pendukung keputusan penjualan barang berbasis web,†Universitas islam negeri sunan kalijaga, yogyakarta, 2015.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-05-31

Cara Mengutip

[1]
A. Ardiansyah dan A. Kardianawati, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Cross Selling Produk Pada Apotek RSUD Tugurejo Semarang”, Journal of Information System, vol. 4, no. 1, hlm. 110–118, Mei 2019.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.