Perancangan Aplikasi Pemesanan Paket Wisata pada Pokdarwis Tangaya Berbasis Android menggunakan Metode Extreme Programming
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v10i2.13803Kata Kunci:
Android, extreme programming, flutter, pokdarwisAbstrak
Pokdarwis Tangaya di Desa Saniang Baka mengelola wisata alam, berkemah, dan eduwisata. Sistem pemesanan saat ini mengandalkan WhatsApp, menyebabkan penumpukan pesan dan berpotensi menurunkan kualitas layanan, terutama saat musim liburan. Untuk mengatasi ini, sebuah aplikasi dirancang menggunakan metodologi Extreme Programming (XP), dipilih karena fleksibilitasnya. Tahap perancangan sistem digambarkan dengan Unified Modelling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk pemodelan basis data. Implementasi menggunakan bahasa pemrograman Dart dan kerangka kerja Flutter untuk antarmuka pengguna, serta Firebase untuk manajemen data real-time dan autentikasi pengguna. Aplikasi Android yang fungsional berhasil dikembangkan dengan dua hak akses, pengunjung dan admin. Pengujian Black Box Testing dan User Acceptence Testing menunjukkan semua fitur berjalan sesuai harapan dan kebutuhan pengguna terpenuhi secara valid. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi efektif untuk pengelolaan pemesanan, penjadwalan, dan validitas data pengunjung.Referensi
I. Fakhruddin, N. Rismawati, and R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 104–111, 2022.
D. B. Pamungkas and A. Suhendar, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Pariwisata Berbasis Mobile di Kota Yogyakarta,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 713–721, 2024.
M. Ramadhan and A. Gustalika, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Tempat Wisata Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 114–124, 2024.
M. Farhan, K. Darussalam, R. C. Saphira, and F. Purwani, “Implementasi Extreme Programming Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Pada Masa Orientasi Mahasiswa,” vol. 14, no. 2, pp. 80–149, 2024.
T. Ardiansah, “Perancangan Sistem Persediaan Menggunakan Metode Extreme Programming,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022.
M. Alda, “Rancang Bangun Sistem Informasi Company Profile Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming (XP),” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 62–71, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.701.
A. Mustika, “Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Menggunakan Metode Scrum,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2024.
M. Ridwan Nawawi, S. Lestanti, and D. Fanny, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Fasilitas Pondok Pesantren Nurul Ulum Dengan Mengunakan Metode Xp (Extreme Programming),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 835–841, 2022.
G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobson, The Unified Modelling Language User Guide. 1999.
A. H. Rio Risqi and Z. Zukhri, “Penggunaan Firebase Analytics pada Pengembangan Aplikasi Mobile I ’ m UII dengan Framework Flutter,” Automata, vol. 4, pp. 1–7, 2023.
S. Kasus, M. Al, R. A. Nugraha, M. T. Ananta, and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Manajemen Pembelian dan Patungan Hewan Kurban Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.
A. A. Shonta, L. N. Hamidah, M. Hasan, M. M. Dewi, Y. Astuti, and I. R. Wulandari, “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Aplikasi Media Informasi dan Pendaftaran Training IT Berbasis Android,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1517, 2022.
E. U. Albab, C. D. Suhendra, and L. F. Marini, “Implementasi Metode Prototype dalam Pengembangan Aplikasi Wondama-Tourism Berbasis Android,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 18, no. 2, p. 1413, 2024.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















