Perancangan Aplikasi Pemesanan Paket Wisata pada Pokdarwis Tangaya Berbasis Android menggunakan Metode Extreme Programming
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v10i2.13803Keywords:
Android, extreme programming, flutter, pokdarwisAbstract
Pokdarwis Tangaya di Desa Saniang Baka mengelola berbagai layanan wisata, seperti wisata alam, aktivitas berkemah, dan eduwisata. Proses pemesanan yang masih bergantung pada WhatsApp menyebabkan penumpukan pesan, kesalahan pencatatan, serta potensi penurunan kualitas layanan, terutama pada periode liburan ketika jumlah pengunjung meningkat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah aplikasi pemesanan berbasis Android menggunakan metodologi Extreme Programming (XP) yang dipilih karena sifatnya yang iteratif, adaptif, dan mendukung perubahan kebutuhan secara cepat. Tahap perancangan sistem dilakukan menggunakan Unified Modelling Language (UML) serta Entity Relationship Diagram (ERD) untuk memodelkan struktur basis data. Aplikasi diimplementasikan menggunakan Dart dan Flutter sebagai kerangka kerja antarmuka, serta Firebase untuk penyimpanan data real-time dan autentikasi pengguna. Sistem ini menyediakan dua level akses, yaitu pengunjung dan admin, sehingga pengelolaan pemesanan, penjadwalan, serta validasi data pengunjung dapat dilakukan secara terstruktur.Hasil pengujian menggunakan metode Black Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT) menunjukkan bahwa seluruh fitur dapat berjalan dengan baik dan telah memenuhi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan mampu menjadi solusi efektif dalam meningkatkan efisiensi layanan, meminimalkan kesalahan pencatatan, serta mendukung pengelolaan wisata yang lebih profesional.References
I. Fakhruddin, N. Rismawati, and R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 104–111, 2022.
D. B. Pamungkas and A. Suhendar, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Pariwisata Berbasis Mobile di Kota Yogyakarta,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 8, no. 1, pp. 713–721, 2024.
M. Ramadhan and A. Gustalika, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Tempat Wisata Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 114–124, 2024.
M. Farhan, K. Darussalam, R. C. Saphira, and F. Purwani, “Implementasi Extreme Programming Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Pengenalan Pada Masa Orientasi Mahasiswa,” vol. 14, no. 2, pp. 80–149, 2024.
T. Ardiansah, “Perancangan Sistem Persediaan Menggunakan Metode Extreme Programming,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022.
M. Alda, “Rancang Bangun Sistem Informasi Company Profile Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming (XP),” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 62–71, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.701.
A. Mustika, “Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Menggunakan Metode Scrum,” J. Data Sci. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2024.
M. Ridwan Nawawi, S. Lestanti, and D. Fanny, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventaris Fasilitas Pondok Pesantren Nurul Ulum Dengan Mengunakan Metode Xp (Extreme Programming),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 835–841, 2022.
G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobson, The Unified Modelling Language User Guide. 1999.
A. H. Rio Risqi and Z. Zukhri, “Penggunaan Firebase Analytics pada Pengembangan Aplikasi Mobile I ’ m UII dengan Framework Flutter,” Automata, vol. 4, pp. 1–7, 2023.
S. Kasus, M. Al, R. A. Nugraha, M. T. Ananta, and A. H. Brata, “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Manajemen Pembelian dan Patungan Hewan Kurban Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2017.
A. A. Shonta, L. N. Hamidah, M. Hasan, M. M. Dewi, Y. Astuti, and I. R. Wulandari, “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Aplikasi Media Informasi dan Pendaftaran Training IT Berbasis Android,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1517, 2022.
E. U. Albab, C. D. Suhendra, and L. F. Marini, “Implementasi Metode Prototype dalam Pengembangan Aplikasi Wondama-Tourism Berbasis Android,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 18, no. 2, p. 1413, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















