Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Presensi Ber-AKHLAK (SIPB) di BPKAD Garut
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v10i2.14910Keywords:
SIPB, efektivitas, kepuasan pengguna, eucs, presensi digital.Abstract
Sistem Informasi Presensi Ber-AKHLAK (SIPB) digunakan sebagai media presensi digital bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, namun dalam penerapannya masih ditemukan beberapa kendala seperti keterlambatan sinkronisasi data, tampilan antarmuka yang kurang optimal, serta kesulitan penggunaan bagi sebagian pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan tingkat kepuasan pengguna SIPB di BPKAD Garut menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif berbasis model End-User Computing Satisfaction (EUCS). Data diperoleh melalui kuesioner berskala Likert sebagai pengguna aktif sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIPB memperoleh skor rata-rata keseluruhan 3,93 yang termasuk kategori “puas”, dengan dimensi Content dan Format sebagai aspek tertinggi (4,2). Sementara itu, aspek Accuracy (3,8), Timeliness (3,8) dan Ease of Use (3,7) masih memerlukan peningkatan karena adanya keterlambatan data, penurunan performa pada jam sibuk dan hambatan adaptasi pada pegawai tertentu. Berdasarkan hasil tersebut, SIPB dinilai cukup efektif dalam mendukung administrasi kehadiran, namun perlu optimalisasi lanjutan agar kinerja dan kenyamanan pengguna semakin meningkat.References
S. Ma’rifah, N. #1, M. Agus Sunandar, and M. Defriani, “Analisis Kesuksesan Sistem Absensi K-Mob Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Purwakarta Menggunakan Model Delone & Mclean,” 2023.
A. T. D. Aryani, A. Rosyid, and B. Pangayow, “User Satisfaction on Academic Information System in UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan,” Applied Information System and Management (AISM), vol. 6, no. 2, pp. 97–104, Sep. 2023, doi: 10.15408/aism.v6i2.31245.
A. Budi Pratomo, M. A. Kurnia Harahap, T. Oswari, P. M. Akhirianto, and A. Widarman, “The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, pp. 78–83, Apr. 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.205.
A. G. Zakinah, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Keuangan di Sekolah,” Jurnal Teknologi Informasi (JTI), vol. 15, no. 2, Agustus 2021, doi: 10.47111/JTI.
D. Putu et al., “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pelatihan Digital Asuransi Manulife Dengan Menggunakan Metode Eucs Dan IpA.”
K. Haerani, M. Rodi, M. F. Zulkarnaen, dan M. Mardi, “Evaluasi Kepuasan Pengguna dan Identifikasi Dimensi Prioritas pada Aplikasi HR SIDAWAI dengan Kerangka EUCS,”Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi (MISI), vol. 8, no. 1, Januari 2025, doi: 10.36595/misi.v5i2.
E. Kepuasan Pengguna Aplikasi M-Paspor Dengan Pendekatan, D. Ayu Deby Cintiya, G. Arna Jude Saskara, and I. Gusti Lanang Agung Raditya Putra, “JIP (Jurnal Informatika Polinema) Halaman| 477 EUCS Dan PIECES Pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja”.
I. W. A. Arditaloka, M. Winardana, G. Indrawan, and M. Agus Oka Gunawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DPS-Denpasar Prama Sewaka Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal PROCESSOR, vol. 20, no. 2, Oct. 2025, doi: 10.33998/processor.2025.20.2.2483.
N. P. E. Fridayanti, G. R. Dantes, and G. A. J. Saskara, “Evaluasi Kepuasan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Denpasar+ Menggunakan End User Computing Satisfaction,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 1, May 2024, doi: 10.28932/jutisi.v10i1.6936.
A. S. T. Damayanti, I. R. Yunita, and P. Subarkah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kehadiran Panda menggunakan Metode System Usability Scale (Studi Kasus: PT. Puskomedia Indonesia Kreatif),” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 7, no. 4, pp. 797–806, Oct. 2025, doi: 10.35746/jtim.v7i4.511.
“success analysis of online absence system with delone and mclane model approach at the regional financial and asset management agency of west sumatera province Faisal Hidayat Ardiansyah 1a (*) Elfiswandi 2b (*) Hanna Pratiwi 3c”, doi: 10.36526/js.v3i2.4334.
A. Kepuasan Pengguna Aplikasi Perpustakaan Digital I-Pusbuleleng Dengan Pendekatan, N. Nyoman Sekarini Wulandari, I. Ketut Resika Arthana, and G. Arna Jude Saskara, “JURITEK: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer https://journalcenter.org/index.php/JURITEK End User Computing Satisfaction (EUCS),” 2025, doi: 10.51903/juritek.v5i3.5824.
H. Syafly and L. Lendrawati, “Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Elekrtonik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) Menggunakan Metode End User Computing Satisfacion (EUCS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3s1.4998.
J. A. Pratiwi1 and A. Dwi, “Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan,” 2022.
A. A. G. W. Bawatanaya, I. G. A. A. Diatri Indradewi, and P. Y. Pratiwi, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Absensi Pegawai Pemprov Bali (Hadir) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 3S1, Oct. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i3S1.8099.
K. A. Suputri, G. A. J. Saskara, and I. G. L. A. R. Putra, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku Di Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 3S1, Oct. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i3S1.8034.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















