PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK INTERAKTIF BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN PADA TAMAN KANAK-KANAK

Muhammad Qori’ Untiarasani, Hanny Haryanto, Erna Zuni Astuti

Abstract


Teknologi berkembang dengan sangat pesat, tentunya hal ini harus dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan. Namun belum dimanfaatkan secara penuh terutama dalam pendidikan yang membutuhkan alat peraga, seperti pendidikan tentang pengenalan hewan pada Taman Kanak-Kanak, selama ini pendidikan mengenai pengenalan hewan yang berlangsung masih menggunakan media kertas bergambar dengan penjelasan dari seorang pengajar dan sebagian juga sudah menggunakan alat peraga, namun alat peraga jumlahnya sangat terbatas, sehingga harus bergantian ketika menggunakannya. Peserta didik mengalami kesulitan terhadap materi yang disampaikan karena memerlukan imajinasi yang cukup terhadap cir-ciri hewan yang disampaikan oleh pengajar. Dengan adanya Augmented Reality yang didukung oleh teknologi Markerless. Pengguna tidak memerlukan marker khusus berbentuk hitam putih, melainkan pengguna langsung secara menggunakan gambar 2D yang ada pada buku yang disediakan oleh penulis. Hal ini akan mempermudah prosees penyampaian materi dan akan lebih maksimal. Aplikasi dibuat dengan menggunakan magicbook sebagai buku acuan untuk mengeluarkan konten, dengan fitur yang diberikan pada aplikasi adalah model 3D hewan berikut dengan suara pada masing-masing hewan dan menggunakan 2 model navigasi yaitu virtual button dan native button.

Kata Kunci : pendidikan, pengenalan hewan, Augmented Reality, markerless

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v14i2.890

Article Metrics

Abstract view : 629 times
PDF - 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.