RANCANG BANGUN MOBILE COMMERCE BERBASIS ANDROID PADA TOKO DUTA BUKU SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/tc.v14i2.883Abstract
Berbagai masalah yang dialami pelanggan pada saat akan melakukan pembelian buku seperti, keterbatasan informasi mengenai buku yang dicari dan perlunya waktu luang lebih untuk mencari informasi mengenai buku yang diinginkan. Hal ini disebabkan belum tersedianya katalog elektronik berbasis mobile yang dapat membantu dan mempermudah pelanggan dalam mencari informasi mengenai buku yang dicari, yang mengakibatkan pelanggan harus mengunjungi berbagai toko buku yang ada disekitar kota mereka, bagi pelanggan yang tidak memilik banyak waktu luang tentu akan mengurungkan niat mereka untuk membeli buku. Maraknya pengguna smartphone android dimasyarakat dengan berbagai kelebihannya seharusnya permasalahan di atas tidak harus terjadi lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan layanan yang dapat membantu dan mempermudah pelanggan dalam mecari dan melakukan pembelian buku online melalui smartphone android. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode prototype dan menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai alat bantu pemodelan sistem. Hasil dari penelitian pada toko Duta Buku Semarang dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi mobile commerce penjualan buku online dapat mempermudah pelanggan dalam mencari informasi buku dan melakukan transaksi pembelian serta dapat memperkenalkan toko Duta Buku sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan. Kata Kunci: Android, Mobile Commerce, Prototype, Toko Buku, Unified Modeling Language.Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Hendi Wijaya, Wellia Shinta Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
License Terms
All articles published in Techno.COM Journal are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). This means:
1. Attribution
Readers and users are free to:
-
Share – Copy and redistribute the material in any medium or format.
-
Adapt – Remix, transform, and build upon the material.
As long as proper credit is given to the original work by citing the author(s) and the journal.
2. Non-Commercial Use
-
The material cannot be used for commercial purposes.
-
Commercial use includes selling the content, using it in commercial advertising, or integrating it into products/services for profit.
3. Rights of Authors
-
Authors retain copyright and grant Techno.COM Journal the right to publish the article.
-
Authors can distribute their work (e.g., in institutional repositories or personal websites) with proper acknowledgment of the journal.
4. No Additional Restrictions
-
The journal cannot apply legal terms or technological measures that restrict others from using the material in ways allowed by the license.
5. Disclaimer
-
The journal is not responsible for how the published content is used by third parties.
-
The opinions expressed in the articles are solely those of the authors.
For more details, visit the Creative Commons License Page:
? https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/