RANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN JENJANG DAN JURUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 39 SEMARANG)

Moch. Eko Rustiyono, Pujiono Pujiono, Amiq Fahmi

Abstract


Pengambilan keputusan dalam pemilihan jenjang pendidikan dan jurusan di sekolah menengah selama ini menimbulkan masalah tersendiri, keinginan orang tua terhadap anak, minat dan keinginan anak sendiri, kemampuan dan kompetensi anak dalam proses pembelajaran serta berbagai pengaruh dari lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu siswa dalam menentukan jenjang serta jurusan di jenjang pendidikan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process, dimana metode ini memecah  permasalahan yang komplek/rumit dalam situasi  yang tidak terstruktur menjadi bagian-bagian  komponen, mengatur bagian atau variabel menjadi suatu bentuk susunan hierarki, kemudian  memberikan nilai numerik untuk penilaian subjektif  terhadap kepentingan relatif dari setiap variabel dan mensintesis penilaian untuk variabel mana yang memiliki prioritas tertinggi yang akan mempengaruhi penyelesaian dari situasi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Rancangan Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu siswa dalam menentukan prioritas pilihan jenjang studi serta jurusan yang diinginkan.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process, Peminatan, Sekolah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v13i4.603

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF - 360 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.