Klasifikasi Helpdesk Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan TF-ABS

Muhammad Azis Suprayogi, Riza Adrianti Supono

Abstract


Helpdesk merupakan aplikasi yang bermanfaat bagi pengguna nya untuk memperoleh informasi mengenai layanan yang ada pada sebuah perusahaan atau instansi pemerintah. Proses disposisi tiket helpdesk secara manual dapat menimbulkan kesalahan dalam menentukan unit tujuan tiket serta memperpanjang masa penyelesaian tiket karena adanya waktu tunggu untuk mendisposisikan tiket menuju unit yang sesuai. Klasifikasi teks helpdesk sangat diperlukan untuk mendisposisikan tiket secara tepat dan cepat ke unit yang berwenang menangani tiket. Teks helpdesk diklasifikasi ke dalam 8 kategori unit tujuan yaitu Setditjen, Dit.Humas, Dit.PKNSI, Dit.KND, Dit.BMN, Dit.Penilaian, Dit.PNKNL, dan Dit.Lelang. Klasifikasi menggunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN) dengan jumlah tetangga terdekat (k) yaitu k=1,3,5,7,9,11,13,15,17,19 serta metode pembobotan TF-ABS untuk proses seleksi fitur. Jumlah fitur yang digunakan untuk klasifikasi sebanyak 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30% dari jumlah seluruh dokumen. Akurasi klasifikasi tertinggi sebesar 90,04% diperoleh pada k=3 dan jumlah fitur sebanyak 15%, sedangkan akurasi terendah 84,54% pada k=19 dan jumlah fitur sebanyak 30%. Hasil klasifikasi helpdesk menggunakan KNN dan TF-ABS dapat menghasilkan akurasi cukup baik.

Keywords


Helpdesk; Klasifikasi; KNN; Pembobotan; TF-ABS

Full Text:

PDF

References


M. ALTINTA? and A. C. TANTU?, “Machine learning based software development,” vol. 21, no. 3, pp. 33–44, 2014.

T. A. Herawan, Y. H. Chrisnanto, and A. I. Hadiana, “Klasifikasi Helpdesk Universitas Jenderal Achmad Yani Menggunakan Concept Frequency-Inverse Document Frequency (CF-IDF) dan K-Nearest Neighbor,” Pros. SNST, vol. 7, pp. 108–113, 2016.

C. F. Suharno, M. A. Fauzi, and R. S. Perdana, “Klasifikasi Teks Bahasa Indonesia Pada Dokumen Pengaduan Sambat Online Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors Dan Chi-square,” Syst. Inf. Syst. Informatics J., vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2017, doi: 10.29080/systemic.v3i1.191.

M. R. A. Nasution and M. Hayaty, “Perbandingan Akurasi dan Waktu Proses Algoritma K-NN dan SVM dalam Analisis Sentimen Twitter,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 226–235, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i2.5129.

M. A. Kurniawan, Y. Sibaroni, and K. L. Muslim, “Kategorisasi Berita Menggunakan Metode Pembobotan TF.ABS dan TF.CHI,” Indones. J. Comput., vol. 3, no. 2, p. 83, 2018, doi: 10.21108/indojc.2018.3.2.236.

V. C. Gandhi and J. A. Prajapati, “Review on Comparison between Text Classification Algorithms,” Int. J. Emerg. Trends Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2012.

A. H. Aliwy and E. H. A. Ameer, “Comparative study of five text classification algorithms with their improvements,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 12, no. 14, pp. 4309–4319, 2017, doi: 10.113/J.0973-4562.

M. A. Rosid, A. S. Fitrani, I. Ratna, and I. Astutik, “Improving Text Preprocessing For Student Complaint Document Classification Using Sastrawi,” 2020, doi: 10.1088/1757-899X/874/1/012017.

L. A. Matsunaga and N. F. F. Ebecken, “Two Novel Weighting for Text Categorization,” in Data Mining IX - Data Mining, Protection, Detection and other Security Technologies, IX., A. Zanasi, D. Almorza Gomar, N. F. . Ebecken, and C. . Brebbia, Eds. Rio de Janeiro, Brazil: WITPRESS, 2008, pp. 105–114.

J. Li et al., “Feature selection: A data perspective,” ACM Comput. Surv., vol. 50, no. 6, 2017, doi: 10.1145/3136625.

P. Bafna, D. Pramod, and A. Vaidya, “Document clustering: TF-IDF approach,” Int. Conf. Electr. Electron. Optim. Tech. ICEEOT 2016, no. March 2016, pp. 61–66, 2016, doi: 10.1109/ICEEOT.2016.7754750.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, Data Mining Concepts and Techniques - third edition. 2012.

D. Yuliana and C. Supriyanto, “Klasifikasi Teks Pengaduan Masyarakat Dengan Menggunakan Algoritma Neural Network,” UPI YPTK J. KomTekInfo, vol. 5, no. 3, pp. 92–116, 2019.

L. A. Andika, P. A. N. Azizah, and R. Respatiwulan, “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Hasil Quick Count Pemilihan Presiden Indonesia 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” Indones. J. Appl. Stat., vol. 2, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.13057/ijas.v2i1.29998.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.5094

Article Metrics

Abstract view : 388 times
PDF - 339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.