Chrome Extension untuk Data Grabber Media Sosial Twitter dengan Metode XPath Selector

Erinda Resha Astanti, Antonius Rachmat C., Yuan Lukito

Abstract


Kebutuhan dataset sebagai sumber penelitian untuk analisis oleh data scientist terus meningkat seiring dengan semakin meningkatnya rasa keingintahuan manusia. Misalnya seperti suatu perusahaan ingin mengetahui tanggapan konsumennya tentang produk yang baru saja diluncurkan, sehingga mereka dapat menyusun langkah selanjutnya yang akan diambil oleh perusahaan tersebut. Tentu saja untuk mengetahui hal tersebut, perlu dilakukan analisis terhadap tanggapan konsumen terlebih dahulu. Analisis dilakukan menggunakan sumber data yang dapat ditemukan salah satunya pada sosial media seperti Twitter. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyediakan aplikasi yang dapat digunakan menjadi data grabber untuk mengumpulkan data dari media sosial Twitter. Aplikasi data grabber dirancang sebagai Chrome Extension dengan implementasi metode XPath Selector diharapkan dapat mengumpulkan data tanpa terbatasi oleh batasan akses API Twitter. Sebagai gantinya dengan menerapkan metode ini, aplikasi perlu mengakses halaman web Twitter. Pemasangan aplikasi sebagai Chrome Extension memudahkan untuk menjalankan aplikasi sembari mengakses halaman web Twitter pada browser. Aplikasi TweetGrabberERA berhasil dibangun pada penelitian ini sesuai kebutuhan yang diharapkan. Pengujian yang dirancang telah menunjukkan bahwa aplikasi data grabber dengan mengimplementasikan metode XPath Selector berjalan dengan baik dan membuktikan bahwa aplikasi dapat menghasilkan dataset yang untuk keperluan keperluan analisis oleh data scientist.


Keywords


XPath Selector, Chrome Extension, data grabber, Twitter

Full Text:

PDF

References


K. Kellogg, "The 7 Biggest Social Media Sites in 2020," 3 February 2020. [Online]. Available: https://www.searchenginejournal.com/social-media/biggest-social-media-sites/.

Twitter, "Counting characters," tanpa tahun. [Online]. Available: https://developer.twitter.com/en/docs/basics/counting-characters.

Google, "What are extensions?," tanpa tahun. [Online]. Available: https://developers.chrome.com/extensions.

T. Rizaldi and H. Arief, "Perbandingan Metode Web Scraping Menggunakan CSS Selector dan Xpath Selector," TEKNIKA Volume 6 Nomor 1, 2017.

MDN Contributors, "XPath," 24 Nov 2019. [Online]. Available: https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/XPath.

J. E. Sembodo, E. B. Setiawan and Z. A. Baizal, "Data Crawling Otomatis pada Twitter," Indonesia Symposium on Computing (IndoSC 2016), 2016.

Albert, K. Gunadi and E. Setyati, "Deteksi Helm pada Pengguna Sepeda Motor dengan Metode Convolutional Neural Network," 2014.

X. Deng, Q. Liu, Y. Deng and S. Mahadevan, "An improved method to construct basic probability assignment based on the confusion matrix for classification problem," http://dx.doi.org/10.1016/j.ins.2016.01.033, 2016.

P. Pandey, "Simplifying Sentiment Analysis using VADER in Python (on Social Media Text)," 23 September 2018. [Online]. Available: https://medium.com/analytics-vidhya/simplifying-social-media-sentiment-analysis-using-vader-in-python-f9e6ec6fc52f.

Orange, University of Ljubljana, "Sentiment Analysis," tanpa tahun. [Online]. Available: https://orange.biolab.si/widget-catalog/text-mining/sentimentanalysis/.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.4006

Article Metrics

Abstract view : 598 times
PDF - 515 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.