Optimasi Cost pada Open Shortest Path First di Jaringan Software Defined-Network

Ronald Adrian

Abstract


Seiring bertumbuhnya pengguna internet maka tingkat kompleksitas jaringan yang ada didalamnya juga meningkat, seperti routing. Pada kondisi lain, saat ini tengah berkembang teknologi SDN yang merupakan teknologi jaringan baru yang didalamnya dilakukan pemisahan bagian infrastruktur perangkat jaringan menjadi bagian control plane  dan data plane. Hal tersebut berdampak pada pembuatan kebijakan routing yang dilakukan terpusat melalui kontroler dan dijalankan switch OpenFlow. Pengontrolan jaringan terpusat oleh SDN membuat pengaturan jaringan lebih mudah. Pada makalah ini dilakukan implementasi dan analisis kinerja QoS dan waktu konvergensi dari protokol routing OSPF yang pada jaringan SDN dan konvesional berdasarkan penggunaan dan tanpa penggunaan cost dengan perangkat MikroTik serta RouteFlow. Hal tersebut dikarenakan pada protokol ruting OSPF menggunakan LSA sehingga nilai cost akan menjadi penentu rute yang akan dipilih atau digunakan. Pengukuran didasarkan atas parameter QoS (Delay, PLR, Jitter, dan Throughput) serta waktu konvergensi dengan dialiri traffic background yang bertingkat. Selanjutnya nilai performa dari kedua jenis teknologi, antara konvensional dan SDN dibandingkan. Penelitian ini diharapkan akan dihasilkan keluaran dapat menentukan pilihan terbaik dalam menentukan routing protocol yang digunakan dalam jaringan berdasar parameter yang dihasilkan.

Kata Kunci: SDN, Routing Protocol, OSPF, RouteFlow, Cost.


Keywords


SDN; Routing Protocol; OSPF; RouteFlow; Cost

Full Text:

PDF

References


APJII, “Profil Pengguna Internet di Indonesia,†Asosiasi Penyelenggara Jasa, Jakarta, 2014.

Q. H. a. K. B. Fei Hu, “A Survey on Software-Defined Network and OpenFlow: From Concept to Implementation,†IEEE communication surveys & tutorials, vol. 16, no. IEEE, 2014.

“Mininet Overview,†[Online]. Available: http://mininet.org/overview/. [Diakses 17 November 2016].

S. M. Anggara, “Pengujian Performa Kontroler Software-defined Network (SDN): POX dan Floodlight,†STEI ITB, Yogyakarta, 2015.

F. ADNANTYA, “Simulasi dan Analisis Kinerja Protokol Ruting eBGP pada SDN (Software Defined Network),†Universitas Telkom, Bandung, 2015.

A. RAHMANTO, “SIMULASI DAN ANALISIS KINERJA PROTOKOL ROUTING RIP PADA SDN (SOFTWARE DEFINED NETWORK),†Universitas Telkom, Bandung, 2015.

S. N. H. R. M. N. Abu Riza Sudiyatmoko, “Analisis Performansi Perutingan Link State Menggunakan Algoritma Djikstra Pada Platform Software Defined Network (SDN),†Jurnal Infotel, vol. 1, no. 1, pp. 40-46, 2016.

A. V. B. I. Brayan Anggita Linuwih, “PERANCANGAN DAN ANALISIS SOFTWARE DEFINED NETWORK PADA JARINGAN LAN : PENERAPAN DAN ANALISIS METODE PENJALURAN PATH CALCULATING MENGGUNAKAN,†Bandung, 2016.

N. Abdillah, “ANALISIS PERFORMA ARSITEKTUR SOFTWARE DEFINED NETWORK DENGAN OPENFLOW PADA MIKROTIK RB750,†Yogyakarta, 2016.

T. H. Cormen, C. E. Leiserson, R. L. Rivest dan C. and Stein, Introduction to Algorithms., Cambridge, Massachusetts: MIT Press. 2nd edition, 2001.

H. Zhang dan Y. Jinyao, “Performance of SDN Routing in Comparison with Legacy,†dalam International Conference on Cyber-Enabled Distributed Computing and Knowledge Discovery, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i4.1532

Article Metrics

Abstract view : 825 times
PDF - 705 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.