Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Mobil

Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract


Memiliki mobil bagi sebagian besar kalangan masyarakat  bagaikan suatu hal yang pokok dimana dapat membantu mereka dalam beraktivitas khususnya dalam bekerja. Banyaknya varian mobil yang ada membuat konsumen atau calon pembeli mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan secara tepat dan pasti. Bagi calon pembeli baik perseorangan atau perusahaan ingin secara cepat mendapatkan pilihan mobil sesuai selera atau kebutuhan yang diperlukan.  Kemampuan penerapan metode untuk sistem pendukung keputusan merupakan salah satu alternatif yang tepat saat ini. Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) ini dipilih karena metode K-NN merupakan suatu bentuk model pendukung keputusan yang dapat megklasifikasikan data berdasarkan jarak terdekat. Sistem ini dirancang untuk membantu calon pembeli dalam memilih mobil berdasarakan tujuan pembelian berupa mobil untuk bisnis, mobil keluarga, dan mobil angkutan barang, harga, tahun pembuatan, kapasitas penumpang, warna, kapasitas mesin, jenis transmisi. “Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Mobil†membantu memberikan bayangan ataupun referensi kepada user atau calon pembeli dalam menentukan pemilihan mobil sesuai kebutuhan.

 

Kata kunci: KNN, Rekomendasi, Pemilihan, Mobil.

Full Text:

PDF

References


Ninki Hermaduanti, Sri Kusumadewi. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis SMS Untuk Menentukan Status Gizi Dengan Metode K-Nearest Neighbor. Universitas Islam Indonesia. 2008.

Sebastia, L., Garcia, I., Onaindia, E., Guzman, C. e-Tourism: A tourist recommendation and planning application. International Journal on Artificial Intelligence Tools. 2009.

Kristanto, Andri, 2008, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Edisi Revisi, Yogyakarta: Gava Media.

Kusrini, Emha T. Luthfi, 2009, Algoritma Data Mining. Andi, Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v16i2.1322

Article Metrics

Abstract view : 3561 times
PDF - 9600 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.