PERANCANGAN APLIKASI UJIAN SARINGAN MASUK PERGURUAN TINGGI SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN)

Deny Adhar, Labuhan Nababan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah menyentuh hampir semua sektor. Hal ini menuntut peningkatkan kinerja baik dari segi efektifitas dan efesiensi. Salah satu sektor yang menjadi hal penting untuk diperhatikan peningkatan kinerja ialah sektor pendidikan. Dengan meningkat dan berkembangnya teknologi informasi dibutuhkan suatu sistem pendidikan yang berkualitas baik dari segi mutu materi pendidikan, pengajaran, pengujian serta sarana dan prasarana pendidikan. Dalam hal ini yang menjadi sorotan yang baik untuk dijadikan pembahasan ialah sistem pengujian dimana masih banyak lembaga – lembaga pendidikan baik universitas, sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan non-formal lainnya yang menggunakan cara manual dalam melakukan ujian saringan masuk. Penggunaan cara manual ini banyak mengalami kendala dalam pelaksanaannya, diantaranya dalam hal biaya penyediaan bahan soal dan jawaban ujian, waktu pengerjaan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi iternet berbasis mobile, perangkat mobile seperti handphone sekarang layaknya seperti komputer dapat diinstal berbagai macam aplikasi. Sistem ujian saringan masuk secara online ini diimplementasikan dalam sistem operasi mobile yaitu android yang sedang berkembang pesat saat ini, sehingga semua kendala yang ditemui pada saat menjalankan cara manual dapat diperkecil atau bahkan dihilangkan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi peningkatan pelayanan dalam perguruan tinggi.

Kata kunci— Sistem Informasi, Ujian Saringan Masuk, aplikasi Android, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i3.1238

Article Metrics

Abstract view : 1511 times
PDF - 1152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.