PENGAMANAN DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC) DAN STEGANOGRAFI METODE END OF FILE (EOF)

Heru Lestiawan, Reza Dwi Oktaf Purnama

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan setiap orang untuk saling terhubung satu sama lain, hal ini menyebabkan pertukaran data maupun informasi dapat dengan mudah dilakukan. Kemudahan akses informasi ini memberi pengaruh dengan adanya ancaman yang dapat membahayakan informasi tersebut, misalnya berupa interupsi, penyadapan, maupun modifikasi informasi. Sebagai contoh sebuah perusahaan ingin mengirimkan sebuah dokumen penting atau pesan kepada mitra bisnisnya tetapi perusahaan ingin agar dokumen/pesan tersebut aman dari ancaman penyadapan yang dapat dilakukan oleh pihak lain. Kriptografi dan steganografi merupakan teknik pengamanan pesan diharapkan dapat tetap menjaga kerahasiaan isi dari informasi dan memberikan keyakinan pada penerima bahwa informasi tersebut memang berasal dari pengirim yang tepat begitu pula, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mode operasi Cipher Block Chaining dan metode End Of File dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Penggabungan teknik pengamanan kriptografi dan steganografi akan meningkatkan keamanan pesan atau informasi dan menjamin kerahasiaan serta mengurangi resiko informasi dapat dilihat oleh pihak lain. Aplikasi pengamanan dokumen teks yang dibangun dapat mengamankan pesan/informasi dengan baik. Karena pesan berhasil teracak dan citra yang dihasilkan tidak menampakkan perbedaaan kualitas citra yang terlalu jauh dibandingkan dengan citra asli.

 

Kata Kunci: ancaman, kriptografi, steganografi, Cipher Block Chaining, End Of File.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/tc.v15i1.1078

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 677 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Diterbitkan Oleh :

 

Jurnal Techno.Com terindex di :

    Screenshot-2024-02-11-at-17-10-53

Jurnal Teknologi Informasi Techno.Com (p-ISSN : 1412-2693, e-ISSN : 2356-2579) diterbitkan oleh LPPM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal ini di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.