Emotional Intelligence in Expressive Speaking Actions in Negeri 5 Menara Novel By Ahmad Fuadi

Shindy Tresna Vinansih, Carolina Eka Vera Damayanti, Markhamah Markhamah

Abstract


Novel tidak hanya dijadikan sarana hiburan tetapi juga dapat memperbaiki kehidupan. Salah satu nilai baik dari novel ialah adanya aspek-aspek kecerdasan emosional yang disampaikan pengarang melalui tokoh-tokohnya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai kecerdasan emosional pada tindak tutur ekspresif  dalam Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi serta internalisasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini berupa tuturan ekspresif yang mengandung kecerdasan emosional. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak-catat. Metode analisis data adalah padan dengan teknik pragmatis dan teknik analisis isi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas semantis. Berdasarkan  analisis dalam novel Negeri 5 Menara terdapat lima kecerdasan emosional pada tindak tutur ekspresif. Kecerdasan emosi yang ditemukan ialah kemampuan mengenali emosi pribadi, kemampuan mengelola dan mengekspresikan emosi diri, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan dengan orang lain. Internalisasinya dapat dilakukan dengan tiga tahap, yaitu: 1) tahap transformas? nilai; 2) tahap transaksi n?lai; dan 3) tahap transinternalisasi nilai.

Keywords


kecerdasan emosional; tindak tutur ekspresif; novel

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, A. I. dan I. N. (2019). Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. CV. Djiwa Amarta.

Anshori, D. S. (2018). Tindak tutur Ekspresif Meminta Maaf pada Masyarakat Muslim Melalui Media Sosial di Hari Raya. Lingua, 14(2), 112–125.

Apriliza, G. (2022). Pengaruh Kematian Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Jorong Simarasok Kecamatan Baso. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 48–54.

Chamalah, Evi., T. (2016). Tindak Tutur Ekspresif pada Bak Truk Sebagai Alternatif Materi Ajaar Pragmatik. Bahasa, 35(2), 27–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v35i2.4859

Defina. (2018). Tindak Tutur Ekspresif pada Anak-anak saat Bermain Bola di Lapangan. Ranah, 7(1), 69–85.

Dilah, G. (2021). Kecerdasan Emosional Tokoh Perempuan Muslimah dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 37–48.

Ekawati, M. (2017). Kesantunan Semu pada Tindak Tutur Ekspresif Marah dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyat: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–22.

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Faizah, N. L., & Oemiati, S. (2020). Kecerdasan Emosional Tokoh Totto Chan dalam Novel Madogiwa No Totto Chan Karya Tetsuko Kuroyanagi Menurut Teori Goleman Sebuah Analisis Psikologi. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 16(1), 43–74.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. PT Gramedia Pustaka Utama.

Hartinah, Y., Ibrahim, A. S., & Susanto, G. (2021). Tindak Tutur Ekspresif dalam Debat Calon Pemimpin Bangsa Indonesia Tahun 2019. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 434–444.

Johar, S. S., Panatik, S. A., & Ibrahim, R. Z. A. R. (2021). Transformasi Ketahanan Kecerdasan Emosi dalam Psikologi dan Tingkah Laku Belia. Human Sustainability Procedia, 1(2), 57–66.

Kusmanto, H. (2019). Tindak Tutur Ilokusioner Ekspresif Plesetan Nama Kota di Jawa Tengah: Kajian Pragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 127–132.

Mahadi, M., & Ali, T. I. M. T. M. (2018). Perbandingan Dominasi Bentuk Emosi Lelaki dalam Novel Penyeberang Sempadan dengan Kafka on the Shore. Jurnal Pengajian Melayu (JOMAS), 29(1), 30–50.

Markhamah, Atiqa Sabardila, Yafi, M. A., & Putri, A. (2017). Perbandingan Karakter Nabi Pada Teks Terjemahan Alquran. Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (APPPTMA).

Moleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Remaja.

Muasomah, M. (2019). Kecerdasan Emosional Perempuan Kuwait dalam Novel’Uy?n’alas-Sam? ‘. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 11(2), 245–262.

Nofrita, M. (2016). Tindak Tutur Ekspresif Mengkritik dan Memuji dalam Novel Padang Bulan dan Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Rokanian, 1(1), 51–60.

Nurlaila, M., Nazriani, N., & Mirna, W. O. (2022). Nilai–Nilai QS (Emotional Quentient) dan SQ (Spritual Quentient) dalam Novel I’m Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1387–1395.

Nursiah, N., & Liusti, S. A. (2020). Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Lingua Susastra, 1(2), 73–81.

Prayitno, J. H. (2017). Studi Sosiopragmatik. Muhammadiyah University Press.

Rahardi, K. (2003). Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Dioma.

Rahmadhani, F. F., & Purwo Yudi Utomo, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/bi.v5i2.69

Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 141–163.

Selviyani. (2019). Expressive Speech Act in the Novel Dialogue the PerfectHusband. Ideas, 7(2), 343–353.

Sina, M. W. (2020). Expressive Speech Acts of The Main Character in Harry Potter Movie As Teaching Materials For Efl Learners. Parafrase, 20(1), 49–57.

Sopian, W., & Safira, N. (2019). Kecerdasan Emosional dalam Film 5 Elang Karya Salman Aristo dan Relevansinya pada Perkembangan Sosial Anak Usia SD. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 4(1), 114–121.

Suprihatama. (2021). Kecerdasan Emosional dalam Karya Fiksi Asma Nadia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 42(2), 611–631.

Tarmila, E., & Wartiningsih, A. (2013). Kajian Emosi Tokoh Utama dalam Novel Pesan dari Sambu Karya Tasmi PS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6), 1–9.

Thoha, H. C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Watun, R. T. I., et al. (2019). Animasi 3 Dimensi sebagai Sarana Sosialisasi Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Remaja. Jurnal Bahasa Rupa, 3(1), 68–75.




DOI: https://doi.org/10.33633/lite.v18i2.6906

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shindy Tresna Vinansih, Carolina Eka Vera Damayanti, Markhamah Markhamah

 

ISSN Online: 2548-9588

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is published by Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Indonesia. 


Indexing & Archiving:

 

IN COLLABORATION WITH:

Indonesian Pragmatics Association

Konsorsium Program Studi Jepang Indonesia

 

Center for Foreign Language Training

  

Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia