Peran Inkubator Bisnis dalam Membangun Startup pada Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.2727Abstract
Startups are sufficiently developed in Indonesia to become a trend in business incubators that include college or university students. This is due to the incubation concept and program offered to prospective entrepreneurs who have potential ideas in business. Thus, research was conducted to determine the role of business incubators in building startups in universities. But there are obstacles in developing startups, limited technology, leadership and management. The study was conducted at the Alphabet Incubator of Raharja University with a qualitative approach. The research method used is the method of observation and literature review by collecting data that aims to simplify the process. It can be seen how the government encourages business incubators in developing startups and introducing business through technology. The research objective is to increase innovation or creativity in developing successful new startups in higher education. Seen from students utilizing the facilities at the Alphabet Incubator to develop small businesses in the digital industry to increase workforce.Keywords: Business Incubator; Startup; Innovation or CreativityStartup cukup berkembang di Indonesia sehingga menjadi trend dalam inkubator bisnis yang mencakup mahasiswa atau mahasiswi di perguruan tinggi. Hal ini disebabkan konsep dan program inkubasi yang ditawarkan kepada calon wirausaha yang mempunyai ide potensial dalam bisnis. Sehingga penelitian dilakukan untuk mengetahui peran inkubator bisnis dalam membangun startup pada perguruan tinggi. Namun terdapat kendala dalam mengembangkan startup, terbatasnya teknologi, kepemimpinan dan manajemen. Penelitian dilakukan di Alphabet Incubator Universitas Raharja dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan literature review dengan mengumpulkan data yang bertujuan untuk mempermudah proses pengerjaannya. Dapat dilihat bagaimana pemerintah mendorong inkubator bisnis dalam mengembangkan startup dan mengenalkan bisnis melalui teknologi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan inovasi atau kreativitas dalam mengembangkan startup baru yang sukses di perguruan tinggi. Terlihat dari mahasiswa memanfaatkan fasilitas di Alphabet Incubator untuk mengembangkan usaha kecil dalam industri digital untuk peningkatan tenaga kerja.Kata Kunci: Inkubator Bisnis; Startup; Inovasi atau KreativitasReferences
Alimudin, Arasy. 2015. Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja 1: 1-13.
ARIP, YUSUF & Wajdi, M Farid. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Enterprise Dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Wirausaha Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ashfihani, Ahmad. 2018. Peran Pimpinan FEBI Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Baskoro, M Lahandi & Maulidian, Maulidian. 2019. Pelatihan Instagram Marketing Untuk Tenant Inkubator Bisnis Trilogi. JURDIMAS 2:1 19-26.
Budiyanto, Hery, Suprapto, Agus & Poerwoningsih, Dina. 2017. Program Pengembangan Kewirausahaan Dalam Bentuk Inkubator Bisnis Di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Pemilik Usaha Pemula. Seminar Naisonal Sistem Informasi (SENASIF) 1:1 385-394.
Dewi, Yovita Anggita. 2016. Inovasi Spesifik Lokasi untuk Inkubator Teknologi mendukung Pengembangan Ekonomi Lokal. Analisis Kebijakan Pertanian 10: 4 299-312.
Disas, Eka Prihatin. 2018. Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan 18: 231-242.
Edris, Mochamad, Handoyo, Ag Sunarno & Lusianti, Dina. 2017. Kinerja UMKM Tenant Inkubator Bisnis Universitas Muria Kudus Berdasarkan Implementasi E-marketing. Prosiding SNATIF 555-562.
Hakim, Lukmanul, Syarifuddin, Didin & Iskandar, Iis. 2018. Membangun Inkubator Wirausaha Kepariwisataan di STP ARS Internasional. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1:1.
Hamdan, Hamdan. Model Inkubator Bisnis Untuk Menumbuhkan Kompetensi Kewirausahaan. Jurnal Penelitian Pendidikan 13:1.
Jaya, Mardi Arya, Ferdiana, Ridi & Fauziati, Silmi. 2017. Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta. Prosiding SNATIF 167-173.
Kurniasari, Fita & Putra, Eka Wira. 2018. Model Pembelajaran Industrial Incubator Based Learning (IIBL) Untuk Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan 7: 53-59.
Mahani, Septiana Ayu Estri. 2015. Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan (Bisnis Start Up) Di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa 76-95.
Nurdianto, Alifian Bayu. 2018. Optimalisasi Wakaf Untuk Inkubator Bisnis Dan Teknologi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Sidoarjo. ISTISMAR 1: 43-49.
Pudianti, Anna, Herawati, Anita & Purwaningsih, Anna. 2018. Faktor Kreativitas dalam Pengembangan Model Inkubator Bisnis di Era Digital. BISMA (Bisnis dan Manajemen) 10: 145-155.
Putra, Ryan Aditya & Sofyan, Herminanto. 2017. Partisipasi Industri Otomotif Dalam Implementasi Work Based Learning Di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1 19:1.
Rahardja, Untung, Lutfiani, Ninda & Yolandari, Aulia. 2019. Penerapan Viewboard Informatif Pada Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Dalam Era Industri 4.0. Technomedia Journal 3: 224-234.
Raharja, Untung, Harahap, Eka Purnama & Devi, Ririn Eka Cipta. 2018. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Cafe Terhadap Kegiatan Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknoinfo 12: 60-65.
Rofieq, Mochammad Rofieq, Permatasari, Ditya Permatasari & Farida, Lailatul Farida. 2018. Model Pendampingan Umkm Bidang Kerajinan Menjadi Start-Up Sukses Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3:2.
Salam, Rudi, Akhyar, Muhammad, Tayeb, Abd Muhaimin & Niswaty, Risma. 2017. Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office 3: 61-65.
Saleh, Amiruddin & Sehabudin, Ujang. 2015. Pengembangan Program Inkubator Wirausaha Sosial di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 1: 88-95.
Saputra, Andy. 2015. Peran Inkubator Bisnis dalam Mengembangkan Digital Startup Lokal di Indonesia. CALYPTRA 4: 1-24.
Saputra, Wawan & Purnama, Bambang Eka. 2011. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 4:2.
Setyawati, Christina Yanita. 2016. Dampak Mentoring Pada Keberhasilan Start-Up Business: Studi Kasus Pada Start-Up Business di Indonesia [Mentoring the Impact of Success of a Start-Up Business: A Case Study of a Start-Up Business in Indonesia]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen 11: 290-310.
Siregar, Gustina, Andriany, Dewi & Bismala, Lila. 2019. Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Soba, Heriyanto S, Hasbullah, Rokhani & Nuryartono, Nunung. 2018. Strategi Pengembangan Inkubator Bisnis Sebagai Lembaga Pendampingan Perusahaan Pemula: Studi Kasus Inkubator Bisnis IPB. Jurnal Aplikasi Bisnis dan
Manajemen (JABM) 4: 96.
Sumarwan, Ujang & Hasbullah, Rokhani. 2017. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja dan Kepuasan Tenan di Inkubator Bisnis IPB. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah 12: 84-92.
Yuana, Suci Lestari, Azizah, Nur & Apriliyanti, Indri Dwi. 2016. Komparasi Efektivitas dan Model Governance Inkubator Bisnis Digital antara Pengelola Pemerintah, BUMN, Swasta, Komunitas, dan Universitas. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 20: 133-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.