KEPEMIMPINAN PELAYANAN, BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA PADA PROAKTIVITAS DAN KINERJA KARYAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengaruh antara variabel kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dengan proaktivitas sebagai variabel pemediasi. Sampel yang digunakan
sebanyak 265 karyawan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengujian SEM pada kelima hipotesis, hipotesis pertama menyatakan bahwa semakin kuat kepemimpinan pelayanan maka semakin tinggi
pengaruh proaktivitas dapat diterima ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.049. Pada hipotesis kedua, ketiga, keempat dan kelima menyatakan bahwa semakin kuat kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi maka
semakin tinggi pula pengaruh proaktivitas dan kinerja karyawan dapat diterima dengan nilai signifikansi 0.001. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proaktivitas mampu memediasi hubungan kausalitas variabel kepemimpinan pelayanan terhadap kinerja karyawan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada perusahaan elektronik di Jawa Tengah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Pelayanan; Budaya Organisasi; Proaktivitas; Kinerja Karyawan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i1.2361
Article Metrics
Abstract view : 391 timesPDF - 667 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i1.2361.g1493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB)
Published by
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia
Email: udinusjpeb@gmail.com
Phone: (024) 3567010
Website: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jpeb
ISSN
2442-5028 (Print)
2460-4291 (Online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.