OPTIMALISASI KUALITAS PRODUK LAYANAN PURNA JUAL CHEVROLET SUMBER ANDALAN JOGJA DENGAN PENDEKATAN QFD
Abstract
Penjualan yang stagnan pada produk Chevrolet terindikasi disebabkan oleh kualitas produk layanan purna jual yang belum optimal. Kinerja penjualan yang kurang baik memaksa Chevrolet melakukan efisiensi dengan menutup sebagian dealernya. Akibatnya Chevrolet Sumber Andalan Jogja menjadi dealer tunggal di kawasan pulau Jawa bagian Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mengidentifikasi bagaimana perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen (respon teknis), dan menentukan tingkat prioritas masing masing. Penelitian dilakukan secara descriptive research dengan melakukan observasi di Chevrolet Sumber Andalan Jogja, melakukan penyebaran kuesioner, mengolah data dan menganalisa menggunakan QFD. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan konsumen akan produk layanan purna jual Chevrolet secara prioritas meliputi 6 variabel, yaitu keandalan, harga, kecepatan, stok, sarana, dan pelayanan. Respon teknis perusahaan berdasarkan urutan prioritas meliputi: melengkapi alat servis dan perbaikan, menambah terminal servis, memperpanjang jam operasional, memberi pelatihan kepada staf dan teknisi, dan menambah pegawai.
Kata Kunci : Quality Function Deployment; Operasional; Peningkatan Kualitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2301
Article Metrics
Abstract view : 634 timesPDF - 639 times
DOI (PDF): https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2301.g1460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB)
Published by
Fakultas Ekonomi dan Bisnis | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia
Email: udinusjpeb@gmail.com
Phone: (024) 3567010
Website: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/jpeb
ISSN
2442-5028 (Print)
2460-4291 (Online)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.