Sistem Informasi Fee Streamer Berbasis Web Pada Shark Agency Dengan Pendekatan Extreme Programming

Lalang Erawan, Rizal Naufal Afif, Agus Winarno, Suharnawi Suharnawi

Abstract


Shark Agency merupakan organisasi yang bergerak di bidang outsourcing pada platform voice dan video streaming yang menjembatani lebih dari lima aplikasi streaming dengan para streamer. Pengelolaan data laporan dan pembayaran fee kepada streamer dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi yang berbeda misalnya pengiriman data dari streamer dilakukan dengan aplikasi whatsapp. Akibatnya data laporan dari para streamer kadangkala hilang dan harus dikirim ulang. Layanan seperti ini mengurangi efisiensi dan kepuasan para streamer. Dengan mengimplementasikan sistem yang tepat permasalahan ini akan dapat diselesaikan.  Metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem adalah extreme programming yang memungkinkan sistem dapat dikembangkan lebih cepat. Fitur sistem yang dikembangkan dibatasi pada pengelolaan data laporan dan pembayaran fee streamer. Pengembangan menghasilkan sistem informasi yang dapat menerima data laporan streamer kemudian diolah untuk menjadi dasar perhitungan pembayaran fee kepada streamer. Data dapat tersimpan dengan aman disatu tempat sehingga resiko kehilangan data laporan dan pembayaran fee dapat diminimalisasi.


Full Text:

PDF

References


Wikipedia, “Social Media”, https://en.wikipedia.org/wiki/Social_media, diakses 20 Nopember 2022

Wikipedia, “Live Streaming”, https://en.wikipedia.org/wiki/Livestreaming, diakses pada 21 Nopember 2022

Friedländer, M.B., 2017, Streamer Motives and User-Generated Content on Social Live-Streaming Services, Journal of Information Science Theory and Practice, 5(1), 65-84, https://doi.org/10.1633/JISTaP.2017.5.1.5

A. L. Putri, L. Setiawati, and W. Senalasari, “Eksplorasi Faktor Harga Layanan untuk Agensi Sosial Media,” p. 6, 2021.

Y. Bilan, V. Nitsenko, I. Ushkarenko, A. Chmut, and O. Sharapa, “Outsourcing in International Economic Relations,” Montenegrin J. Econ., vol. 13, no. 3, pp. 175–185, Sep. 2017, doi: 10.14254/1800-5845/2017.13-3.14c.

Wikipedia,“ExtremeProgramming”, https://en.wikipedia.org/wiki/Extreme_programming, diakses 25 Nopember 2022

Nurkholis, A., Susanto, E.R., Wijaya, S., 2021, Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik, Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), vol. 5, no. 1, pp. 124-134

Ariyanti, L., Satria, M.N.D, Alita, D., 2020, Sistem Informasi Akademik dan Administrasi Dengan Metode Extreme Programming Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan, Jurnal teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 1, pp. 90-96

Shodik, N., Neneng, Ahmad, I., 2018, Sistem Rekomendasi Pemilihan Smartphone Snapdragon 636 Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 7, no. 3, pp. 219-228




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v7i2.6676

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: