Pendekatan Single Page Application pada Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Menggunakan Metode Agile Developement
DOI:
https://doi.org/10.33633/joins.v10i1.11531Keywords:
Single Page Application, bimbingan tugas akhir, aplikasi akademik, AgileAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi bimbingan tugas akhir berbasis Single Page Application (SPA) guna meningkatkan efisiensi dalam proses bimbingan di perguruan tinggi. Permasalahan seperti kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa serta sulitnya pengelolaan jadwal bimbingan dan revisi menjadi fokus utama. Aplikasi dikembangkan menggunakan metode Agile, yang memungkinkan pengembangan secara bertahap sesuai kebutuhan pengguna. Dengan desain SPA, aplikasi ini memberikan pengalaman yang lebih responsif, mengurangi waktu pemuatan, dan mempercepat komunikasi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur QR Code untuk mempermudah proses presensi bimbingan, di mana mahasiswa dapat melakukan presensi dengan cepat dan akurat hanya dengan memindai kode yang dihasilkan sistem. Fitur ini tidak hanya mempercepat proses pencatatan kehadiran, tetapi juga meminimalkan risiko kesalahan pencatatan. Uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efektivitas bimbingan dengan mengurangi hambatan komunikasi dan meningkatkan akurasi pencatatan. Hasil ini penting karena memperbaiki proses bimbingan tugas akhir secara keseluruhan. Kesimpulannya, aplikasi SPA ini terbukti mampu meningkatkan efisiensi dalam proses bimbingan akademik dan presensi mahasiswaReferences
D. E. Pratiwi and A. Roosyanti, “Analisis Faktor Penghambat Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 101–114, May 2019, doi: 10.21009/jpd.v10i1.11272.
E. Noviana, O. Kurniaman, and M. N. Huda, “Pengembangan Aplikasi Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fkip Universitas RiaU,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, p. 1, Apr. 2018, doi: 10.33578/jpfkip.v7i1.5334.
N. Renaningtias and D. Apriliani, “Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa,” Rekursif J. Inform., vol. 9, no. 1, May 2021, doi: 10.33369/rekursif.v9i1.15772.
P. L. Lokapitasari Belluano, “Pengembangan Single Page Application pada Sistem Informasi Akademik,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 1, pp. 38–43, Apr. 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i1.204.38-43.
Abdul Rahim, “Optimalisasi Proses Sinkronisasi Data Akademik dan Web Services PDDIKTI Menggunakan Fitur Queues pada Framework Laravel,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 9, no. 1, pp. 45–55, 2020.
I. K. Natania, E. D. Wahyuni, and S. F. A. Wati, “Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Darurat Berbasis Website Menggunakan Livewire Laravel,” vol. 11, no. 3, 2024.
I. Ramadhani, “Penerapan Single Page Application untuk Aplikasi Bimbingan Akademik,” J. Teknol. Inf., vol. 15, no. 3, pp. 65–78, 2021.
J. A. Rosman, I. Imron, and M. H. Prasetyo, “Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir dan Skripsi Online Berbasis Web: Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir dan Skripsi Online Berbasis Web,” J. INSAN J. Inf. Syst. Manag. Innov., vol. 1, no. 1, pp. 61–69, Jun. 2021, doi: 10.31294/jinsan.v1i1.433.
A. Nasution, M. Siddik, and A. P. Lubis, “Pemanfaatan Agile Development untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Brainfor Islamic School”.
M. Nishom, T. Abidin, and S. Wiyono, “Pemanfaatan Teknologi Qr-Code untuk Presensi Siswa Di Era Disrupsi DigitaL,” JMM J. Masy. Mandiri, vol. 7, no. 2, p. 1984, Apr. 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i2.13863.
M. Handayani, “Efektivitas Penerapan QR Code dalam Presensi Mahasiswa,” J. Sist. Inf. Dan Teknol., vol. 9, no. 3, pp. 45–58, 2019.
Telkom University, “Agile Method Image.” [Online]. Available: https://it.telkomuniversity.ac.id/wp-content/uploads/2022/12/Agile-Method.jpeg
V. Puzhevich, “Single-Page Application Vs. Multiple-Page Application.” [Online]. Available: https://scand.com/company/blog/single-page-application-vs-multi-page-application/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.