Hubungan antara Kelelahan Kerja dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan Kedai Kopi di Kecamatan Semarang Timur

Dandy Yurihumala Saputra, MG Catur Yuantari

Abstract


Kelelahan dalam bekerja menjadi salah satu faktor penghambat efisiensi seseorang dalam menjalankan aktifitas pekerjaannya. Salah satu gejala gangguan kesehatan pada seorang karyawan dalam suatu perusahaan yang timbul akibat pekerjaan adalah kelelahan kerja. Stres Kerja merupakan situasi krisis yang menciptakan rendahnya fisik serta psikis, yang mempengaruhi perasaan, proses berpendapat dan situasi karyawan.  Para karyawan yang menghadapi stres dapat menurun tingkat kinerjanya, yang mengakibatkan terancamnya kemampuan seseorang untuk melakukan pekerjaan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Variabel bebas dalam peneletian ini adalah kelelahan kerja dan stress kerja. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini seluruh pekerja kedai kopi di Kecamatan Semarang Timur yang dilakukan di 3 kedai kopi. Jumlah populasi dari ketiga kedai kopi tesebut sebanyak 30 orang yang berupa barista, waiters dll. Sampel yang digunakan total sampling. Mengambil seluruh anggota populasi atau semua anggota sebagai sampel disebut sebagai total sampling.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa stress kerja terhadap kinerja karyawan tidak ada hubungan, nilai P-Value 0,136. Sedangkan ada hubungan antara kelelahan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai P-Value 0,001 pada pekerja kedai kopi di Kecamatan Semarang Timur. Peneliti menyarankan bagi pekerja yaitu menjalankan olahraga ringan dan rutin melakukan peregangan ringan diantara jam kerja supaya mampu merilekskan otot-otot yang kaku serta mendengarkan musik, karena dengan mendengarkan musik mampu menghilangkan ketegangan di tubuh pada saat bekerja.

References


Pangga, Aldi Dwi. Pengaruh Stres Kerja Barista Terhadap Kepuasan Kerja di Kedai Kopi Palembang. 2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Musi Charitas.

Pangga, Aldi Dwi. Pengaruh Stres Kerja Barista Terhadap Kepuasan Kerja di Kedai Kopi Palembang. 2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Musi Charitas.

https://id.wikipedia.org/wiki/Barista, Diakses pada 25 Juli 2021, Pukul 17.00 WIB

https://kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf, Diakses pada 25 Juli 2021, Pukul 20.00 WIB

World Health Organization (WHO). Globals Goals for Oral Health 2020. 2003. Online: http://www.who.int/oralhealth/publicatio ns/goals2020/en/.

Bimantoro, Wisnu dan Chimajah Noor. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Tonga Tiur Putra. Jurnal Penelitian Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2012;23.

Bimantoro, Wisnu dan Chimajah Noor. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Tonga Tiur Putra. Jurnal Penelitian Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2012;23.

Verawati, Lince. Hubungan Tingkat Kelelahan Subjektif Dengan Produktivitas Pada Tenaga Kerja Bagian Pengemasan di CV Sumber Barokah. Jurnal The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Jawa Timur. 2016;(5)1:52.

Sitohang, Yemima Nora. Manfaat Jus Nenas (Ananas Comosus L) Untuk Menurunkan Kelelahan Kerja. Skripsi. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 2019;11.

Permata Sari, Anjar, Farit Rezal, dan Sabri Munandar. Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada Karyawan di Matahari Departemen Store Cabang Lippo Plaza Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (JIMKESMAS). Universitas Halu Oleo. 2017;(2)5:2.

Sedarmayanti. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja. In 2001.

Swaputri, E. Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja (Studi Kasus di PT. Jamu Air Mancur). Ilmu Kesehat. Masy. Fak. Ilmu Keolahragaan Univ. Negeri Semarang 1–85 (2011).

Hidayat Z. Pengaruh Stres Dan Kelelahan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smpn 2 Sukodono Di Kabupaten Lumajang. J Penelit Ilmu Ekon Wiga. 2016;6(1):36–44.

Mete, M., Omer F. U., & Abdukadir B., (2014). Impact of Work-Family Conflict and Burnout on Performance of Accounting Professionals. Social and Behavioral Sciences 131 ( 2014 ) 264 – 270.

Anwar, Prabu Mangkunegara. (2013). “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sengkey WS, Roring F, Dotulong LOH, Manajemen J, Sam U, Manado R, et al. pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pt. pln (persero) wilayah suluttenggo area manado. j emba J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2018;5(3):4565–74.


Full Text: PDF

DOI: 10.60074/johhs.v1i2.7243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 JOHHS

Journal Occupational Health Hygiene and Safety

Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kesehatan, UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Jl.Nakula I/5-11 Gedung D lantai 1 Semarang
Tel/Fax: (024) 3549948

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.