Contextual Learning Strategies in English Subjects at Bilingual Primary School Muhammadiyah 1 Purwodadi
DOI:
https://doi.org/10.33633/es.v6i02.9910Keywords:
bilingual; contextual learning; elementary school; English; strategyAbstract
Abstract. Learning strategies need to be chosen by the teacher carefully so that the learning strategy chosen is not wrong and is under the conditions and circumstances of the students and the atmosphere of the class where the teacher is conducting the learning process. This research aims to analyze the learning strategies used by English teachers at the Bilingual elementary school Muhammadiyah 1 Purwodadi. This research is a qualitative descriptive study using interviews, questionnaires, and observation data collection methods. The research results show that learning English with contextual learning can run smoothly, and this statement is supported by the results of the triangulation of 3 data. Interview data shows that the teacher succeeded in making learning plans using contextual learning steps. Observation data shows that teachers are successful in carrying out learning using contextual learning. The results of the questionnaire showed that the students liked the contextual learning that the teacher applied in the English class. The conclusion is that contextual learning strategy can make the English language learning process at the Bilingual Elementary School Muhammadiyah 1 Purwokerto run smoothly.Keywords: bilingual; contextual learning; elementary school; English; strategyAbstrak. Strategi pembelajaran perlu dipilih oleh guru dengan hati-hati dan cermat agar strategi pembelajaran yang dipilih tidak salah dan sesuai dengan kondisi dan keadaan peserta didik dan suasana kelas tempat guru tersebut mengadakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa inggris di sekolah dasar Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, angket atau kuesioner, dan observasi atau pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran bahasa inggris dengan contextual learning bisa berjalan dengan lancar dimana pernyataan ini didukung dari hasil triangulasi 3 data. Data hasil wawancara menunjukkan bahwa guru berhasil membuat perencanaan pembelajaran dengan langkah-langkah pembelajaran kontekstual learning. Data pengamatan menunjukkan bahwa guru berhasil menjalankan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Hasil angket menunjukkan bahwa para siswa menyenangi pembelajaran kontekstual yang diaplikasikan guru di dalam kelas bahasa Inggris. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa strategi pembelajaran kontekstual mampu membuat proses pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Bilingual Muhammadiyah 1 Purwokerto berjalan lancar.Kata kunci: bahasa Inggris; dwibahasa; pembelajaran kontekstual; sekolah dasar; strategiReferences
Akmalia, N. W., Muttaqien, N., & Latifah, N. (2022). Analisis kesulitan menulis siswa kelas III dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pondok Bahar 6 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.
Al Rasyid, H. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru bagi pengembangan keprofesionalan guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 24(2).
Alwi, M. (2009). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesional guru sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2).
Amir, M. F. (2015). Pengaruh pembelajaran konsektual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011.
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan media pembelajaran flashcard dalam keterampilan menulis karangan sederhana Bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410
Ariati, J. (2017). Hubungan antara persepsi terhadap metode pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar biologis siswa kelas XI IPA SMA I Pangkalan Kerinci Riau. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro.
Dewi, E. R. (2017). Pengembangan media English Card Vocabulary dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris untuk siswa kelas III SDN Dinoyo 3 Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 10(9).
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1). https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Handayani, D. (2020). Pemanfaatan media Youtube pada saat pandemi Covid 19 untuk media pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. JUPENDIK : Jurnal Pendidikan, 4(2).
Hanifa, M. (2021). Meningkatkan peran orang tua dalam pembelajaran bahasa Inggris anak selama masa pandemic Covid 19 di Desa Karang Gading Kec. Secanggang. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.156
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran guru profesional dalam membina karakter religius peserta didik berbasis nilai kearifan lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(1). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.169
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era New Normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan tugas kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Kadir, Abdul. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1).
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1636
Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami karakteristik guru profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7).
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum merdeka dan pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar: Need analisis study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1).
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Perni, N. N. (2019). Kompetensi pedagogik sebagai indikator guru profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1122
Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara supervisi akademik dengan kompetensi profesional guru di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media pembelajaran menggunakan video atraktif pada materi garis singgung lingkaran. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568
Rachmah, A. (2023). Kesulitan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1(2).
Rahayu, N. P., Nugroho, P. J., & Berliani, T. (2019). Pembinaan profesional guru sekolah dasar daerah terpencil. Equity In Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1554
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rofii, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3151
Sambada, D. (2012). Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2). https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n2.p37-47
Setyowati, L. (2015). Pengaruh metode pembelajaran penugasan dan peran orang tua terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Seni, 07(3).
Silalahi, R. (2011). Kontribusi model pembelajaran kontekstual tipe inkuiri dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edisi Khusus, 2.
Simorangkir, C. V. N., Hardyanto, W., & Hartono. (2015). Pengembangan pembelajaran kontekstual materi gerak dengan memanfaatkan kamera digital sebagai media pembelajaran. Journal of Innovative Science Education, 4(1).
Sintadewi, N. M. D., Artini, N. P. J., & Febryan, I. (2020). Analisis kesulitan belajar bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 4(1).
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3). https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Suheri, A., Rosmawiah, R., Effrata, E., & Wisman, Y. (2020). Guru profesional di era digital. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2). https://doi.org/10.37304/jikt.v11i2.104
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1). https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Suprapto, E. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836
Syuhada, F. A., Dalimunthe, M., Sari, W. S. N., & Sihombing, J. L. (2021). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan media LKS untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar kimia siswa. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(2). https://doi.org/10.24114/js.v4i2.17971
Viomeika, D. (2022). The effect of using miming game combined with jumble words game on students’ vocabulary mastery. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(2).
Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Wiradika, I. N. I., & Retnawati, H. (2021). Contextual learning in elementary school: A meta-analysis. Progres Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.29303/prospek.v2i3.187
Witarsa, R., & Midani Rizki, L. (2022). Analisis pengembangan kompetensi profesional guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 6(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3514
Yanti, E., & Amri, Z. (2013). The integration of teaching reading and writing by using muddle words game for young learners. Journal on English Language Teaching, 2(1).
Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain media pembelajaran flash card math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2624
Yasin, I. (2022). Guru profesional, mutu pendidikan dan tantangan pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) guru profesional dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa dalam belajar (student engagement) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3).