Perancangan Desain Karakter Sakuya dengan Pendekatan Metode Manga Matrix
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v3i3.7442Abstract
Desain karakter merupakan salah satu unsur visual utama dalam beberapa produk kreatif seperti komik, animasi, dan lainnya. Sebagai sebuah intellectual property, desain karakter Sakuya harus dirancang dengan baik agar dapat membawa pesan cerita. Perancangan desain karakter menggunakan metode Manga Matrix yang mendeskripsikan karakter secara lengkap yaitu form matrix, custome matrix, dan personality matrix. Hasilnya desain karakter Sakuya memiliki kesesuaian antara matriks bentuk, kostum, dengan kepribadian atau personality yang dibangun sesuai konsep cerita yang diberikan. Desain karakter Sakuya diimplementasikan ke dalam komik sesuai dengan pengembangan karakter yang dibuat.References
Alvini, T., & Guntur, T. (2014). Perancangan Karakter Antropomorfik Eka Dasa Rudra sebagai Media Pengenalan Folklor Bali. Visual Communication Design, 3(1), 180313.
Andelina, I. R. (2020). Kajian Desain Karakter Persona 4 Berdasarkan Pendekatan Archetype Dan Manga Matrix. Jurnal Desain dan Seni Narada, 7(1).
Ersidyandhi, A. (2019). Desain Karakter Sebagai Intellectual Property Dalam Promosi Band The Scenesters (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta).
Harmandito, F. A., & Ramadhani, N. (2019). Perancangan Karakter Utama Serial Animasi" Little Bird" dengan Mengadaptasi Burung Endemik Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2), 183-188.
Supandi, F. P., Mansoor, A. Z., & Ramadina, S. P. (2017). Kajian Desain Karakter dalam Game Overwatch dalam Kerangka Metode Perancangan Manga Matrix. Jurnal Wimba.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wisnu Pratama, Ichwan Setiarso, Ery Mintorini, Gilang Rizky Gardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0